Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Penyebab Kerusakan TV Layar Melipat Bagian Atas

ONSOLDER.COM - Kerusakan tv layar melipat pada bagian atas terlihat terpotong membentuk satu garis, ini sering terjadi pada beberapa merek tv misalnya SHARP, TV LG dan tv China.

Memperbaiki tv kerusakan semacam ini sangat mudah apabila pernah menemukan pengalaman di bagian blok vertikal. 

Perkiraan anda yang belum pernah menemukan kerusakan melipat bagian atas membentuk garis menebak adalah masalah elko. Kadang dengan mengganti elko pada bagian tegangan suplai bisa manjur. Dan Sebenarnya memang harus diganti, agar tidak salah saat nanti kita memutuskan untuk memperbaiki pada bagian lain. 

Setiap tv memiliki kesamaan untuk kerusakan ini yaitu masalah tegangan. Jika diukur menggunakan multi tester, tegangan terukur sangat normal, namun menimbulkan vertikal melipat. Dan di sinilah keanehannya bahwa tegangan ic vertikal terkadang menghasilkan satu output vertikal cacat.

Tegangan suplai terukur 27 volt pada tv china. gambar masih melipat. Ini juga ada kemungkinan ada kesalahan dalam menilai tegangan menggunakan tester analog.

Kesalahan saya pada tv lg , tegangan normal tv lg pada bagian vertikal seharusnya lebih dari 27 volt. Dan inilah penyebab dulu saya sempat gagal dalam memperbaiki tv lg layar melipat bagian atas.

Kasus ini lebih kepada kejelian melihat tegangan output vertikal yang baik dipengaruhi oleh tegangan akan mempengaruhi sinyal gigi gergaji. Dan peran tester digital akan mendukung untuk keberhasilan mendeteksi kerusakan tegangan. 

Apabila tegangan kurang, kemudian di umpan ke out vertikal,  kemungkinan bentuk pola gigi gergaji di oscilocope akan berbeda.

Tegangan bisa juga karena ampere melemah. Hal ini telah saya temui di tv china yang sudah diganti dengan gatcun pada rangkaian smps.

Ketika trimpot pada bagian gatcun di putar maka lipatan akan berubah bentuk. Dari sini kita bisa menyimpulkan bahwa tegangan dari smps sangat berpengaruh terhadap kinerja dari oscilator ic vertikal.

Pada bagian B+ Adjust bisa juga mempengaruhi kinerja vertikal ini sering terjadi ketika tegangan vertikal menggunakan sumber dari flyback.

Karena setiap merek memiliki sistem yang berbeda mungkin berikut ini merupakan beberapa kasus yang sering terjadi. 

Tegangan tv china tidak tau pastinya kadang 27 volt pun layar sudah normal jika diukur menggunakan tester analog.

Ini pernah saya temui di perangkat tv yang sudah diganti modul power suplai. Pada tegangan vertikal kurang. nah ketika pada bagian b+115 volt dinaikkan gambar sedikit lebih normal. Tapi kacaunya flyback menjadi over sehingga cop bocor. 

Solusinya kita harus menggunakan tegangan suntikan. membuat tegangan tersendiri menggunakan farrit flyback. 

 
Penyebab Kerusakan TV Layar Melipat Bagian Atas
Gambar ilustrasi di atas merupakan pembuatan tegangan buatan memanfaatkan farrit flyback. 

Langkahnya sederhana untuk membuat tegangan ini. Cukup sediakan seutas kabel dengan ukuran besar baik kecil asalkan dirasa kuat pun tidak apa. 

Disambung dari ground kemudian dililitkan ke farrit sebanyak 5-7 kali tergantung. Apabila 5 sudah sampai pada tegangan 27 volt bisa langsung dihubungkan. Jika belum, tambah lilitan lagi. 

Pada tv lg anda juga bisa menggunakan teknik membuat tegangan buatan semacam ini. Tapi alangkah baiknya apabila mengecek pada bagian elko yang memfilter pada jalur b+ apakah dalam keadaan baik atau tidak. B+ pada bagian 115 volt maupun pada B+ 27 volt. 

Mungkin saja ini hanya sebuah kasus yang secara kebetulan memang mengalami masalah pada tegangan. Bisa jadi diluar sana ada kerusakan serupa tapi penyebabnya berbeda. oleh karena itu artikel ini hanyalah referensi.