Fungsi Elko pada Speaker

Fungsi Elko pada Speaker

Fungsi elko pada speaker
- Jika anda pernah membuka speaker aktif akan mendapati ada elko yang menempel di bagian tweter. apa fungsi dari elko tersebut dan bagaimana penerapan di speaker . 

Fungsi elko pada speaker adalah sebagai rangkaian crossover pasif sederhana. Fungsinya yaitu memriflter frekuensi rendah agar tidak masuk ke dalam speaker. Hukumnya semakin tinggi kapasitas maka frekuensi yang dihasilkan akan semakin rendah, sebaliknya ketika kapasitas semakin rendah maka akan menghasilkan frekuensi tinggi.

Mungkin ini tidak terlalu berbahaya untuk dipraktekkan di rumah. Sediakan beberapa ukuran elko yang berbeda. Kemudian coba rangkai elko dengan bergantian secara seri apakah menghasilkan suara yang berbeda? Apakah fungsi elko ada efeknya?

Apakah artinya agar speaker semakin ngebass bisa ditambah elko? 

Ini adalah pemahaman yang salah. Elko yang di pasang di speaker untuk bass tidak begitu menghasilkan output yang signifikan malah akan menghambat atau mengurangi daya ampifier ke spekaer. 

Elko ini bisa berpengaruh apabila digunakan di rangkaian crossover aktif. Misalnya mengganti pada bagian input crossover dengan capasitas yang lebih besar misalnya adalah 0,47uf  maka bisa diganti dengan 1 uf 5v. Akan ada efek yang lebih signifikan daripada dipasang secar seri dengan spekaer.

Di twiter speaker aktif elko ini berfungsi untuk mengamankan speaker. Ketika speaker tweeter tidak dipasang elko, frekuensi rendah akan menghancurkan coil speaker dengan frekuensi rendah. Selain itu juga suara tweeter akan lebih jernih tanpa gangguan frekuensi bass. Beberapa kali elko pada twiter bisa menjadi sebuah fuse ketika terjadi kerusakan amplifier. 

Sebenarnya Fungsi elko tidak diperuntukkan untuk digunakan di speaker twiter karena memiliki polaritas. Ada capasitor khusus tweeter yang lebih aman namun karena mungkin di speaker aktif menghemat bajet dan cenderung aman untuk daya amplifier rendah maka digunakan ialah elko pada speaker twiter. 

Baca juga : Perbedaan simbol elko dan kapasitor


Juragan Mlinjon

Saya senang berbagi informasi dan pengalaman yang saya tahu. Semoga apa yang saya bagikan dapat bermanfaat untuk anda semuanya.

berkomentar sesuai dengan topik dan jangan menyertakan link aktif ! karena tidak akan di terbitkan

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama