Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Penyebab TV LED Polytron protek inverter backlight

Kali ini saya menangani tv polytron led dengan kerusakan ketika start muncul logo sebentar kemudian gelap tapi suara normal. Kerusakan ini biasanya disebabkan karena sistem protek pada inverter bekerja. atau kerusakan ini sering kita sebut dengan protek inverter. Untuk mengatasinya pasti harus mengetahui kenapa protek inverter bisa bekerja. Ada banyak pilihan untuk bisa mengatasi protek inverter. ini memiliki risiko yang lebih serius dengan cara mencari titik protek untuk dilumpuhkan. Akibatnya bisa fatal jika kerusakan tegangan over pada inverter bisa merusak Komponen LED.

Tegangan suplai backlinght kadang ketika tidak menggunakan beban bisa mencapai tegangan 2 kali lipat. Oleh karena itu anda ketika akan mengecek bagian tegangan backlight harus ada beban dulu. Tapi ini masih membingungkan untuk saya pribadi, apakah ini benar atau salah belum mendapatkan kesimpulan. 

Dibalik semua itu saya masih bisa menyelesaikan kerusakan dengan kerusakan pada bagian backling dengan beberapa catatan. Berikut ini mungkin bisa menjadi referensi untuk memperbaiki protek inverter yang terjadi pada tv polytron.

Terjadi kerusakan pada led

Sistem rangkaian led adalah seri jika mati satu bisa mengakibatkan seluruh led tidak dapat bekerja. tapi kenyataan ketika salah satu led lemah led masih dapat bekerja dengan baik tetapi inverter akan mendeteksi sebagai arus tidak normal sehingga protek. Ini terjadi ketika anda menemukan saat pertama kali tv start terjadi tegangan normal. 

Anda bisa mencoba mengganti seluruh Lampu led yang ada kemudian lihatlah reaksi apakah tetap protek atau tidak. Jika tetap protek anda bisa melumpuhkan titik protek dengan cara menjumper kaki 6 ke ground menggunakan resistor 200k. Hanya untuk tv polytron dengan seri pld. 

Elco inverter in 

Elco pada inverter bisa mengakibatkan tegangan out menjadi lemah sehingga ketika pertama kali start tegangan tidak dapat stabil. Akibatnya protek ic inverter bekerja, kerusakan dengan start logo kemudian gelap suara normal bisa terjadi akibat tegangan input. Ganti semua elco pada blok inverter. Biasanya ini juga bekerja. 

Tegangan inverter over 

Jika anda mendapati tegangan over pada saat start anda bisa mencari penyebabnya. Jika ingin lebih cepat gunakan rangkaian step-up inverter LED. Jadi over disini ketika terjadi kerusakan pada led sehingga tidak ada beban dari led. Namun sebelum itu anda harus mengecek led dengan alat pengecek led untuk memastikan ada salah satu led yang rusak atau malah keseluruhan. 

Inti dari protek inverter adalah tidak normalnya tegangan output entah karena tidak ada beban atau ada short sehingga mengirimkan sinyal kepada ic inverter untuk protek yang akhirnya backlight nyala sebentar. Misalnya ada led satu lemah akan mengakibatkan inverter protek. hal ini bisa dilakukan pelumpuhan titik protek di bagian kaki 6 ic inverter. 

Saya hanya satu kali berhasil mengatasi kerusakan ini dengan cara mengambil beberapa resistor pada bagian inverter agar tegangan bisa normal. yaitu 4 resistor yang dipasang secara paralel dan menyisakan satu. berikut gambarnya. 

Penyebab tv led polytron protek inverter backlight
mainboard tv polytron pld24t8511

Tips memasang rangkaian step up

Pemasangan rangkaian step up untuk led sebaiknya diterapkan dengan hati-hati dan memilih rangkaian yang akan digunakan. Jangan sampai salah beli rangkaian step down. 

Cari tegangan 12 volt untuk suplai step up. 

Setelah itu gunakan voltmeter untuk memastikan tegangan yang dikeluarkan step up. rekomendasi antara 30-35 volt.

Bagaimana agar led bisa mengikuti sistem tv.  atau ketika standby Backlight bisa mati,. Caranya yaitu dengan mengopen pada kaki nomor dua untuk dihubungkan ke BL ON.

Itulah beberapa catatan saya mengenai penyebab tv led polytron protek inverter atau muncuk logo sebentar tapi suara normal. Semoga bermanfaat!!!

Juragan Mlinjon
Juragan Mlinjon Saya senang berbagi informasi dan pengalaman yang saya tahu. Semoga apa yang saya bagikan dapat bermanfaat untuk anda semuanya.

Posting Komentar untuk "Penyebab TV LED Polytron protek inverter backlight"