Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

8 Penyebab TV Tiba-tiba Mati Sendiri


ONSOLDER - Penyebab tv tiba-tiba mati sendiri tidak lain karena kerusakan pada sistem tv berubah, terputus dan terproteksi. Berubah karena sesuatu konektor longgar entah itu timah yang mulai usang maupun kabel penghubung yang putus. Sedangkan saat terjadi kerusakan terproteksi ini adalah fitur dari bawaan televisi itu sendiri untuk mencegah terjadinya kerusakan yang lebih parah. Dan ketika terjadi protek tanda bahwa ada kerusakan di bagian tertentu dikirim ke ic mainboard protek.

Namun terkadang tv tiba-tiba mati sendiri hanya disebabkan oleh hal sepele dan belum tentu rusak. Oleh karena itu pada kesempatan kali ini onsolder akan sedikit menjelaskan beberapa penyebab tv mati sendiri atau tiba tiba mati secara umum menjelaskan garis besarnya kepada anda pengguna tv agar memahami apa yang sebenarnya terjadi di perangkat tv anda. 

8 Penyebab tv tiba-tiba mati sendiri

1. Timer set 

Beberapa tv telah dilengkapi dengan sistem timer on dan off sehingga bisa digunakan untuk membatasi waktu hidup tv dan mati tv sesuai dengan keinginan kita. namun kadang orang yang tidak paham dengan mode ini mungkin mengira ketika tv tiba tiba mati disebabkan karena kerusakan komponen padahal jika diteliti ada program mode timer waktu tidur. ketika anda tahu itu sekarang carilah mode yang dimaksud di dalam menu program tv anda. 

3. Instalasi listrik

Kadang tv tiba-tiba mati disebabkan karena tv tidak ada suplai entah itu tiba tiba listrik di rumah mengalami masalah atau kabel putus pada bagian jack. karena tv modern menggunakan sistem power supply di luar maka itu juga harus menjadi perhatian utama ketika tv tiba-tiba mati. cobalah untuk dikencangkan lagi apakah soket mulai kendor atau kabelnya yang bermasalah sehingga tv tidak lagi bisa disuplai dari power supply;; pada pengguna tv lama yang masih menggunakan langsung jack ac atau jack ac 220 untuk pc bisa dicoba menggunakan jack lain yang serupa, 

3. Kerusakan pada tv 

Kerusakan tv apabila tv tidak ada dalam mode timer dan instalasi listrik dalam keadaan baik maka kemungkinan terjadi kerusakan pada komponen elektronik. namun kerusakan pada komponen tv bisa di golongkan menjadi dua kerusakan yaitu tv mati total dan standby. Jika lampu indikator masih dalam keadaan menyala berarti tv dalam keadaan mati standby. sedangkan jika mati total maka lampu indikator tidak akan menyala. 

5. TV protek 

Seperti yang sudah di jelas di awal artikel ini tentang protek. Sistem protek pada tv adalah bagian dari fitur keamanan dari sebuah perangkat tv ketika terjadi kerusakan kecil maupun kerusakan fatal sehingga bisa menghindari kerusakan yang lebih parah dan juga bisa menghindari kebakaran karena arus pendek di dalam perangkat tv. Jadi ketika tiba tiba tv dirumah anda mati kemungkinan sistem proteksi sedang bekerja. Untuk memperbaikinya anda perlu ke service center atau tukang reparasi tv. Baca juga: cara cepat mengatasi tv polytron protek gagal start

6. Solderan kendor

Ada beberapa tv ketika di tabok baru bisa hidup ini dan setelah panas tv tiba-tiba mati adalah bagian dari kerusakan longgarnya solderan kaki komponen di pcb tv. Keretakan solderan disebabkan Karena sekian lama tv digunakan akan menghasilkan panas berlebih di bagian komponen tertentu akibatnya timah di kaki komponen yang menghasilkan panas tersebut memuai sehingga terjadi keretakan pada solderan. Hal ini sering terjadi pada komponen yang diberikan pendingin seperti transistor, IC dan FET. Jika memungkinakan anda bisa memperbaikinya sendiri dengan solder ulang pada kaki kaki komponen yang retak tersebut. Tapi perlu saya ingatkan bahwa di beberapa komponen masih menyimpan tegangan tinggi terutama di elco tegangan tinggi yang bertuliskan 450 volt dan 160 v. untuk mencegah anda kaget dan tersengat oleh tegangan tersebut anda bisa membuang arus dengan cara menghubung singkatkan kedua kaki elco. 

7. Soket perkabelan 

tv memiliki soket perkabelan dan juga kabel fleksibel dengan sistem plug and play dalam artian tidak disolder. kadang karena tv bergerak bisa mengakibatkan soket antar kabel bisa kendor dan bisa juga pada konektor ada yang berkarat sehingga perlu dibersihkan. Perihal masalah ini sering dialami oleh kerusakan yang terjadi pada led tv. dimana sering tumbuh jamur yang mengakibatkan korosi di bagian kabel fleksibel mengakibatkan gangguan pada layar blank. Kadang paling ringan kerusakan tv mati total adalah longgarnya soket kabel ac 220. 

Itulah penyebab kenapa tv tiba-tiba mati. teliti terlebih dahulu sebelum pergi ke tukang servis. Mungkin artikel akan terlalu panjang apabila jika ditulis lebih dalam. untuk selengkapnya anda bisa baca tentang belajar memperbaiki tv untuk pemula.  

ONSOLDER.COM
ONSOLDER.COM Saya adalah seorang teknisi elektronika memiliki pengalaman dunia raparasi selama lebih dari lima Tahun. Sebuah profesi menopang hidup saya selama ini. Sebagai sampingan saya juga hobi menulis tentang elektronika terutama pengalaman memperbaiki perangkat elektronik di www.onsolder.com