Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Memperbaiki TV Polytron ketika panas konslet MCB meter PLN jeglek

ONSOLDE.COM - Kerusakan tv polytron ketika panas konslet MCB meter PLN jeglek - Kali ini onsolder akan membahas tentang sebuah kerusakan pada tv polytron dengan gejala tv mati ketika panas. Kerusakan ini sedikit berbeda dari kerusakan tv polytron protek karena gejalanya tv menyala beberapa saat mengakibatkan MCB meter PLN jeglek. 

Mungkin kerusakan ini akan jarang terjadi, sehingga seseorang yang minim pengalaman memperbaiki kerusakan ini akan mengira kerusakan terjadi pada area sekunder atau output power supply ada yang bermasalah entah itu dioda maupun kerusakan pada blok horizontal. Selebihnya mengira fet power supply mengalami kerusakan. 

Padahal kerusakan MCB meter PLN jeglek ketika tv panas pada tv polytron hanya disebabkan oleh PTC yang berfungsi sebagai pemutus degaussing. 

Sistem kerja pada PTC adalah sebagai sensor saklar pemutus ke lilitan degaussing. Ketika PTC dalam keadaan dingin PTC sebagai perantara arus ke lilitan degaussing. Dan ketika PTC telah panas maka aliran arus ke degausing akan diputus oleh PTC. 

Cara Memperbaiki TV Polytron ketika panas konslet MCB meter PLN jeglek
PTC TIGA KAKI TV POLYTRON 

PTC yang digunakan oleh polytron menggunakan tiga kaki. Sedangkan tv yang lain ada yang menggunakan 2 kaki saja. Kelemahan tiga kaki ketika terjadi kerusakan bisa mengakibatkan hal sangat fatal karena kaki satunya terhubung dengan ground. Sedangkan yang menggunakan dua kaki hanya dalam satu arus saja. 

Untuk membuktikan kinerja degausing anda bisa membandingkan antara mencabut konektor degausing dan memasang degaussing. Listrik rumah dengan daya minimum 450 watt tanpa tahanan bisa jeglek ketika tv pertama kali dinyalakan dan ketika konektor degaussing ini dicabut tarikan pertama tv lebih enteng tetapi layar bergambar pelangi. 

Karena PTC bekerja dengan panas maka memiliki jangka waktu yang tidak panjang terutama di tv polytron ini. Seringnya terbakar dan terjadi lonjakan api di dalam PTC. 

Kasus kerusakan tv polytron ketika panas mati mengakibatkan MCB meter PLN jeglek bisa disebabkan oleh PTC. Mungkin ketika pertama kali menyala resistansi PTC masih aman namun setelah panas ternyata resistensi menjadi short, sehingga mengakibatkan MCB meter PLN mengindikasikan arus pendek telah terjadi di perangkat tv polytron. 

Solusinya bisa mengganti PTC dua kaki dan bisa juga diganti dengan tiga kaki. Keduanya bisa digunakan. Namun tidak ada jaminan apapun tentang PTC mana yang lebih awet. Keduanya bisa bekerja di tv polytron dengan baik asalkan tahu cara memasangnya. Perlu sedikit pengertian tentang sistem yang digunakan ketika anda ingin mengganti dengan dua kaki. 

Demikian tentang kerusakan tv polytron setelah panas mati mengakibatkan MCB meter PLN jeglek semoga bermanfaat.

ONSOLDER.COM
ONSOLDER.COM Saya adalah seorang teknisi elektronika memiliki pengalaman dunia raparasi selama lebih dari lima Tahun. Sebuah profesi menopang hidup saya selama ini. Sebagai sampingan saya juga hobi menulis tentang elektronika terutama pengalaman memperbaiki perangkat elektronik di www.onsolder.com