Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Memperbaiki Blok Amplifier di Speaker Aktif

ONSOLDER.COM - Hampir rata-rata speaker aktif di kelas entry level dengan daya di 100 watt - 300 watt rms memiliki rangkaian amplifier dengan jenis ocl 150 watt. Kerusakan terjadi juga hampir sama dengan gejala yang sama dan komponen yang sama, hanya berbeda layout, satu blok dengan tone control dan ada yang terpisah dari tone control. 

Pada kesempatan ini saya ingin menuliskan beberapa kerusakan pada blok amplifier speaker aktif yang menggunakan ocl 150 watt. Jadi bagi anda yang sedang mencari tentang memperbaiki speaker aktif yang menggunakan ic sebagai amplifiernya tidak bisa menganalisa dengan sistem ini. Justru ketika menggunakan ic lebih mudah untuk cara memperbaikinya. Karena sistem yang digunakan ocl mungkin lebih murah tetapi lebih rumit, sedangkan menggunakan ic mungkin lebih simple karena seluruh pre amp sudah di handle di dalam ic. 

Blok amplifier ocl 150 watt pada speaker aktif disederhanakan dan dipasang komponen dengan spek minimum. diantaranya di bagian driver dan transistor final. hal ini untuk bisa menekan biaya produksi dan lebih efektif untuk menyuplai speaker ukuran 6-8 inci. 

Kerusakan amplifier di speaker aktif dengan jenis 150 watt. 

Gejala yang umum untuk speaker aktif rusak adalah suara speaker hanya dengung saya ketika dinyalakan dan ketika diukur menggunakan tester akan terukur tegangan dc yang tinggi hampir mendekati tegangan supply power amplifier. hal ini biasanya disebabkan karena ada komponen short terutama transistor, entah itu transistor driver maupun transistor final. namun kebanyakan adalah transistor final dengan jenis 41 dan 42c. 

Sebenarnya ada beberapa gejala suara ketika speaker aktif rusak dengan dco tinggi yaitu seperti speaker aktif suara serak dan suara kecil. 

Baca juga: Cara memperbaiki speaker aktif suara kecil

Kasus kerusakan blok amplifier speaker aktif 

Kali ini Onsolder memiliki sebuah kasus kerusakan blok ampli di bagian komponen resistor 300 ohm atau resistor di emitor transistor driver.  Resistor tersebut mengindikasikan kerusakan yang sangat parah terutama di bagian transistor. Karena memang menurut pemilik speaker aktif awal kerusakan ketika di bagian kabel speaker terhubung singkat sehingga speaker aktif menjadi dengung saja dan berbau komponen terbakar. 

Setelah tahap pengecekkan, ternyata ada bagian transistor final dan transistor driver short dan putus. 

Cara Memperbaiki Blok Amplifier di Speaker Aktif
Rangkaian amplifier yang terpisah dari tone control

Short berarti antar kaki transistor menyambung semua ketika probe di bolak balik, kaki putus antara kaki basis dan kolektor dan emitor ada salah satu yang putus. Untuk memahami bagi pemula tentang pengukuran transistor mungkin bisa membaca tentang cara mengukur transistor tip.

Transistor driver yang digunakan di rangkaian ampli ocl 150 watt yang sedang saya tangan ini menggunakan c945 dan a733. Keduanya terindikasi short melalui ohm meter.

Biasanya setelah mengganti seluruh komponen untuk tes saya tidak menghubungkan langsung ke speaker untuk menghindari ketika masih ada kerusakan maka ketika diberikan beban maka transistor bisa jebol lagi. 

Runing tes rangkaian ocl 150 watt biasanya menggunakan menggunakan tester dc meter untuk mengecek apakah masih ada aliran dco atau tidak di rangkaian speaker out. 

Pada rangkaian yang saya tangani ini masih ada aliran dc di output speaker. Ternyata saya luput mengecek dioda bias pada transistor driver yang short parah. 

Kerusakan transistor driver dan final kemungkinan akibat terjadi short pada dioda ataupun penyebab sebaliknya. ini sebuah catatan penting yang perlu anda perhatikan ketika menangani kerusakan ocl 150 watt dimana dioda ini memang jarang short tetapi dalam Kondisi konslet parah dioda 4140 kaca bisa putus maupun short. cek dulu diodanya baru ganti transistor agar tidak rugi ketika tes ternyata jebol lagi jika hal ini diabaikan. 

Penggantian transistor final harus cek transistor driver terlebih dahulu agar tidak rugi transistor final. 

Mungkin itulah kerusakan umum pada amplifier yang digunakan oleh speaker aktif. dalam kondisi apapun tetap jaga keselamatan penggantian komponen baru dengan mengecek lebih teliti sebelum running test secara aktif. 

ONSOLDER.COM
ONSOLDER.COM Saya adalah seorang teknisi elektronika memiliki pengalaman dunia raparasi selama lebih dari lima Tahun. Sebuah profesi menopang hidup saya selama ini. Sebagai sampingan saya juga hobi menulis tentang elektronika terutama pengalaman memperbaiki perangkat elektronik di www.onsolder.com