Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Beberapa Penyebab Mode AV TV tidak Berfungsi dan Cara Memperbaikinya

Penyebab mode AV TV tidak berfungsi - Beralihnya TV analog ke TV digital mengharuskan para pemirsa TV menggunakan set top box. Jika sebelumnya kita menggunakan jack antena langsung ke TV sekarang harus melalui set top box kemudian masuk ke mode AV. Lantas ketika menggunakan fitur AV pada TV ada yang tidak bisa menampilkan gambar alias mode AV tidak bisa digunakan. 

Berikut ini adalah beberapa masalah penyebab kenapa mode AV TV tidak berfungsi. Sebelum memutuskan untuk membawanya ke tukang servis TV maka tidak ada salahnya mencoba mengetahui penyebabnya dan cara sederhana mengatasi tv saat mode av tidak bisa.

1. Salah Memprogram TV 

Pahami fungsi menu pada TV anda. Ada beberapa mode terutama bagi anda yang masih menggunakan TV tabung. Di TV Polytron untuk berpindah mode AV di tombol remot tertulis source. Yang artinya pindah mode rf atau antena ke mode AV. Beberapa TV menunjukan menu AV dengan tulisan AV pada tombol remot dan juga panel switch di body TV. 

Sedangkan bagi anda yang menggunakan led TV maka ini bisa di program di menu input. Ada dua sampai tiga pilihan yaitu mode hdmi, AV/RCA, dan rf/TV analog. 

Biasanya tidak sinkron antara program TV dan jack yang sedang digunakan. Misalnya TV anda sedang berada di mode hdmi, ternyata anda menggunakan jek RCA, jelas saja mode AV tidak berfungsi.  

2. Soket RCA berkarat 

Penyebab mode AV tidak berfungsi ketika diberi input set top box selanjutnya adalah soket berkarat. Mungkin setelah sekian lama tidak digunakan maka soket RCA menjadi kotor dan berkerak. Mungkin anda bisa membersihkan dengan menggunakan amplas atau benda logam yang setara dengan besar jack RCA. TAPI DALAM KEADAAN TV MATI!. 

Tujuan pembersihan soket RCA agar jalur pada input tidak terhambat oleh karat. jika cara ini sudah dICoba namun tetap TV tidak ada gambarnya, ada kamungkinan kerusakan yang lainnya yaitu.

3. Kabel jalur RCA putus

Pada TV china wcom pada bagian soket RCA masih menggunakan kabel. Tidak jarang kabel ini terkena panas dari mesin TV sehingga kabel putus atau kadang dimakan tikus. Menggunakan soket untuk menghubungkan kabel dengan pcb biasa saja soket telah usang kendor atau kadang solderan pada pin soket kabel di pcb telah rusak sehingga kabel tidak terhubung. 

4. Kerusakan pada komponen TV 

Kerusakan komponen TV bisa disebabkan oleh IC croma/video, komponen pasif seperti elko dan dioda. Pada kasus tertentu bahkan bisa disebabkan oleh memori.  Gejalanya adalah mode AV tidak tampil meskipun sudah di pencet AV pada remot, tampilan masih nois di mode rf/ antena. 

5. Kerusakan STB

Penyebab mode av tidak berfungsi selanjutnya yaitu kerusakan perangkat STB. Nah untuk mengecek STB bisa meminjam perangkat lain untuk memastikan apakah terjadi kerusakan STB atau memang kerusakan terjadi pada TV karena mode AV bermasalah. Output STB  bisa rusak karena salah menghubungkan dengan perangkat tv. Kemungkinan terburuk terjadi kerusakan pada IC prosesor STB. Terutama jika anda membeli perangkat STB yang murah.  

Cara memperbaiki mode AV tidak berfungsi

Untuk mengatasi di TV tabung hidupkan STB kemudian dihubungkan pada salah satu jack. Baru kemudian cari mode AV. Biasanya jika ada dua tempat jack RCA maka ada dua mode AV di dalam program. 

Tujuan menyalakan STB terlebih dahulu yaitu untuk mengetahui mode AV mana yang sedang digunakan. 

Jika cara ini tidak mempan mungkin memang ada kerusakan karena mode AV sudah lama tidak digunakan.

Pastikan jack RCA terpasang dengan benar. jack Kuning terhubung dengan lubang kuning, merah dengan merah dan putih dengan lubang putih. Jika terbalik maka TV tidak akan ada gambar. 

Beberapa Penyebab Mode AV TV tidak Berfungsi dan cara memperbaikinya
INPUT SOKET RCA - www.onsolder.com

Di TV lawas ada fitur output. Awas jangan sampai salah! Kemungkinan Terburuk bisa terjadi pada STB jika sampai salah menghubungkan ke output TV.  STB bisa rusak tidak dapat menyalurkan sinyal ke TV.

Ada dua tempat jack RCA. Biasanya di belakang body TV dan depan/samping.

Jika bagian soket belakang tidak berfungsi bisa pindah ke soket RCA bagian depan. Kemudian ubah ke mode AV 2/1 pilih mana yang berfungsi menggunakan remot. 

Teknik memperbaiki bagian jalur AV / RCA TV

Jika cara di atas tidak dapat menyelesaikan permasalahan mode AV tidak berfungsi, maka anda bisa melangkah untuk memperbaiki bagian mesin TV. 

Tahap ini tidak disarankan jika anda belum mengerti tentang elektronik. Pasalnya ada bahaya yang mengancam di TV tabung. Kecuali anda sudah sedikit paham tentang elektronik mungkin bisa dicoba dengan menggunakan teknik cek jalur input AV. 

Pada TV tertentu mode AV normal ketika diberikan input berupa sentuhan apapun maka layar TV akan bergetar. Jadi, tekniknya sama dengan cek jalur input pada audio.

Cari data site IC dimana letak input AV. Setelah ketemu urutkan pada jalur tersebut ada beberapa komponen pendukung terutama elko. Jika elko tersebut kering maka tidak dapat menyalurkan sinyal ke dalam IC. maka coba saja ganti sesuai dengan ukuran aslinya. 

Cek jalur tersebut masih terhubung dengan komponen apa saja. Pada TV Polytron lawas ada juga yang menggunakan dioda zener 5 volt yang dihubungkan dengan ground. jika dioda tersebut sudah short maka bisa mengakibatkan mode AV tidak berfungsi. 

Pada kasus lain di TV Polytron tabung ada fitur soket RCA tetapi tidak ada mode AV ketika di program menggunakan remot, itu kemungkinan kerusakan memori. Sehingga harus di flash ulang. 

BACA JUGA: 7 Cara memperbaiki tv tidak ada suara gambar normal

Demikian semoga bermanfaat. salam www.onsolder.com