Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

4 Ciri-ciri CRT TV Tabung Rusak dan Gejalanya


ONSOLDER.COM - Beberapa tv tua berwarna sudah mulai usang sehingga menimbulkan masalah kerusakan pada tabung crt rusak. Kerusakan pada tabung crt harus melalui tahap pengecekan pada tegangan dan juga komponen yang mendukung kerjanya tabung tv crt. Jadi anda tidak bisa cek tabung tv tanpa mesin. 

Cara cek tabung tv dengan multitester adalah mencari filamen lampu apakah masih menyambung atau sudah putus. atau mencari katoda yang mengalami short dengan screen maupun dengan ground. Sedangkan kerusakan CRT dengan gejala yang lain harus menyalakan menggunakan mesin. 

Berikut merupakan ciri ciri tabung crt mengalami kerusakan 

1. Filamen putus 

Layar TV akan gelap dan ketika di cek menggunakan ohm meter filamen sudah tidak menyambung dengan apapun. CRT normal ketika di cek menggunakan ohm meter akan nyambung dengan ground atau ada sedikit resistensi. Lanjut baca : cara memperbaiki layar tv redup  untuk mengatahui apakah kerusakan pada filamen atau hal lain dari tv tabung crt. 

2. Filamen short dengan Katoda 

Nah kalau heater filamen short akan terlihat layar dominan dengan salah satu warna. Biasanya short dengan katoda entah itu katoda RGB. Untuk mengatasinya juga harus ditembak. untuk filamen kita bisa menggunakan kabel screen untuk menembak bagian katoda yang shot dengan heater. 

Baca juga: Cara memperbaiki tv 5 jenis kerusakan warna tv CRT

2. Katoda short dengan screen 

Tandanya anda bisa melihat layar blanking dengan warna salah satu dominan dan layar terlihat sangat terang. ini adalah suatu tanda bahwa katoda dengan screen, short. Misalnya terjadi layar terang berwarna hijau dan bergaris-garis kemungkinan katoda green short dengan screen. Untuk mengatasi ini biasanya pada teknisi sebagai jalan alternatif selain mengganti tabung adalah menembak tabung. Para teknisi berusaha agar katoda yang short bisa dipisahkan dengan screen. risiko menembak tabung adalah CRT akan mati, katoda putus, risiko tegangan tinggi dan hanya bertahan sementara. 

3. Tabung bocor 

Tabung yang telah bocor alias tidak hampa udara lagi gejalanya ketika tv dinyalakan maka akan terlihat percikan api pada leher tabung berwarna ungu. Jika tabung telah bocor tidak bisa lagi diperbaiki dengan cara apapun selain mengganti tabung crt. 

4. Warna bercampur 

Tabung tv garis gambar tidak bisa menyatu, anda bisa mengidentifikasi bahwa kerusakan telah terjadi cincin konvergen. Namun ketika crt rusak kita setting bagaimanapun ini tidak akan pernah bisa diatasi. 

Demikian tentang ciri-ciri kerusakan pada crt tv tabung semoga bermanfaat! Terimakasih telah mengunjungi www.onsolder.com. Salam solder!


ONSOLDER.COM
ONSOLDER.COM Saya adalah seorang teknisi elektronika memiliki pengalaman dunia raparasi selama lebih dari lima Tahun. Sebuah profesi menopang hidup saya selama ini. Sebagai sampingan saya juga hobi menulis tentang elektronika terutama pengalaman memperbaiki perangkat elektronik di www.onsolder.com