Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

7 Ciri-Ciri Flyback TV Rusak dan Solusinya

Ciri Ciri Flyback TV Rusak - Anda harus tahu Bahwa ketika terjadi kerusakan pada flyback akan terjadi cacat tampilan atau sesuatu kerusakan yang hubungannya dengan layar. Hal ini karena memang flyback menjadi penyuplai utama tegangan ke katoda dan anoda crt. Bahkan akibat jika flyback tv rusak bisa lebih fatal karena dapat membakar keseluruhan komponen yang ada jika tv tidak ada fitur protek. 

Ciri ciri kerusakan pada flyback 

Pada kesempatan kali ini onsolder.com akan memberikan pengalaman tentang ciri-ciri flyback tv rusak menurut gejala yang ditimbulkan. Ini sangat penting untuk diketahui terutama yang baru pemula memperbaiki tv dengan kerusakan tampilan layar maupun tv bisa mati total karena kerusakan pada flyback.

1.  Kerusakan  kabel, body dan cop  

Ciri-Ciri Flyback TV Rusak dan Solusinya

Tandanya akan terlihat pada kabel memancarkan setrum di bagian kabel maupun cop. Untuk ini anda bisa menggantinya terutama ketika terjadi pada bagian bawah. Jika hanya terjadi kebocoran pada cop anda bisa mengganti cop dengan yang baru. Jangan pernah menyambung kabel flyback, karena beberapa kejadian ini tidak aman. Mengganti flyback baru juga berisiko kadang baru beberapa minggu digunakan sudah meleleh dan meledak. Jadi pilihlah flyback yang berkualitas agar flyback tidak mudah rusak. Baca juga: cara memperbaiki flyback bocor

2. B+ flyback drop 

Kadang-kadang karena lilitan di dalam gulungan transformator step up mengalami short sehingga mengakibatkan dropnya tegangan penyuplai flyback. Namun ini harus dipahami bukan yang utama karena kadang permasalahan terjadi pada b+ itu sendiri. untuk mengetahuinya kita harus mengukur ampere b+ ketika diberikan beban bohlam. 

Cara memperbaiki b+ drop

3. Transistor horizontal jebol 

Ada hubungan ketika shortnya flyback bisa mengakibatkan transistor horizontal overheat berakibat jebol. Faktor lain yang mengakibatkan transistor horizontal putus juga disebabkan oleh komponen lain. Jadi ini kadang bisa dicek pada kapasitor di blok horizontal dan defleksi yoke. Anda bisa memastikan dengan cara menggunakan ohm meter untuk mengukur impedansi lilitan defleksi yoke. Sedangkan mendeteksi bagian lilitan primer flyback tidak bisa dipastikan dengan ohm meter karena resistensi sangat kecil. 

4.Tegangan flyback terlalu tinggi 

Ciri-ciri flyback rusak selanjutnya yaitu tegangan flyback terlalu tinggi.  Masalah ini membingungkan ketika ternyata setelah ganti cop flyback tidak mengatasi flyback keluar percikan api. Saya pernah mengalami ini dengan solusi mengganti flyback. Sebelumnya saya mencoba mengecilkan tegangan b+115 volt menjadi 110 volt namun tetap semburan tidak terbendung. ini terjadi pada tv china, sedangkan pada tv lain flyback terlalu tinggi disebabkan oleh b+ yang over. Tanda b+ over adalah ketika pertama kali dinyalakan akan langsung terjadi lonjakan api dan bunyi ledakan yang sangat amat besar. JIka tv anda mengalami hal ini segera matikan dan cek tegangan b+ putuskan dari flyback. 

5. Ic vertikal jebol terus 

Beberapa tv tabung slim menggunakan flyback sebagai suplai untuk ic vertikal, sehingga tidak jarang tegangan ic vertikal akan melonjak ketika flyback rusak. Untuk mengatasi tegangan over pada out playback bisa dengan membuat tegangan alternatif di ferit flyback. Namun jika ragu anda bisa mengganti flyback. 

Baca juga: cara memperbaiki tv transistor horizontal jebol terus

6. Fokus dan screen over 

Keadaan di soket crt timbul percikan api bisa di cek terlebih dahulu pada soketnya, karena kadang kabel fokus tidak terkoneksi dengan baik dengan soket crt sehingga menimbulkan percikan api di soket crt. Kadang juga dipicu oleh tegangan fokus yang over. Namun pastikan bahwa soket pada fokus tidak berkarat dan kabel fokus masih tersambung dengan baik. Kadang kerusakan fokus juga memiliki gejala kadang fokus kadang tidak. begitupun kerusakan pada screen over, kadang kadang tv gambar terlalu terang dan blangking kadang terlalu gelap. Hal ini disebabkan oleh kerusakan pada andjuster fokus dan secreen. 

7. Gambar gelap 

Filamen pada crt di suplai dari tegangan ac output flyback. Jika tegangan untuk filamen hilang atau drop dapat menimbulkan kerusakan layar redup dan gelap. Jika ini terjadi anda tidak perlu mengganti flyback. Buatlah tegangan alternatif dengan melilitkan kabel dari ground ke kabel heater. Buatlah lilitan sampai menghasilkan tegangan 5 volt AC. Dalam kerusakan yang lain, gambar redup disebabkan oleh kerusakan abl dan heater yang mulai melemah. 

Kesimpulan

Perlu diketahui bahwa gejala yang sama juga tidak mesti terjadi kerusakan pada flyback. ada baiknya jika kita menggunakan alat ukur untuk mengecek komponen dan tegangan pendukung kinerja flyback. 

Flyback adalah komponen yang berbahaya untuk keselamatan, mengeluarkan tegangan tinggi ketika bekerja. Jangan pernah menyentuh bagian komponen flyback ketika masih keadaan menyala.  

Itulah beberapa ciri-ciri flyback rusak yang bisa anda pahami mudah mudahan bermanfaat!!! 


ONSOLDER.COM
ONSOLDER.COM Saya adalah seorang teknisi elektronika memiliki pengalaman dunia raparasi selama lebih dari lima Tahun. Sebuah profesi menopang hidup saya selama ini. Sebagai sampingan saya juga hobi menulis tentang elektronika terutama pengalaman memperbaiki perangkat elektronik di www.onsolder.com