Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Memperbaiki Driver Yiroshi Serak karena DCo Tinggi

ONSOLDER.COM - Driver amplifier yiroshi suara serak seringkali terjadi entah itu saat mulai merakit maupun sudah digunakan beberapa waktu. tentu ini bukan hanya satu atau dua driver saja yang mengalami amplifier yiroshi ini rusak dengan gejala serak. Masalah ini sampai pada level umum. Jadi mau atau tidak mau kita harus mengetahui titik mana saja yang menyebabkan driver yiroshi suara serak. 

Ada beberapa jenis driver yiroshi di pasaran. ada tipe mk5 mk6 x4 dan driver yang murah. Kali ini kita akan membahas tentang driver yang tiper mk5. Dimana masalah sering terjadi ketika beberapa waktu digunakan. 

Masalah kerusakan driver yiroshi serak disebabkan oleh kerusakan komponen berikut ini. 

Cara memperbaiki driver Yiroshi serak karena DCo Tinggi
www.onsolder.com - bagian-bagian yang menyebabkan driver yiroshi serak
Pertama ketika anda menggunakan jenis driver yang tidak ada trimpot dco berarti settingan tersebut adalah paten. Untuk itu anda harus mengecek pada bagian transistor driver terlebih dahulu. 

Transistor seringkali menjadi masalah utama ketika ampli serak, entah itu untuk transistor driver maupun transistor final. Namun perlu anda ketahui saat anda mencoba driver ini dengan tegangan terlalu kecil juga mengakibatkan driver yiroshi tidak bekerja secara maksimal. Jadi untuk mencobanya mungkin tegangan 32 volt cukup. Cek transistor utamanya yang diberikan pendingin.

Kadang ketika dicek menggunakan ohm meter transistor dalam keadaan baik semuanya tetapi masih saja terjadi suara serak. Bagaimana untuk mengatasi ini?

Ada yang mengatakan bahwa driver yang tidak menggunakan setting dco mengalami kerusakan dco tinggi, terutama yang jenis mk5 yang masih belum ada setting dco nya. Untuk mengatasi ini kita harus menambahkan resistor variable 102 ke resistor 560. resistor ini terhubung antara emitor dan basis 2n5551.

Cara memperbaiki driver Yiroshi serak karena DCo Tinggi
www.onsolder.com - Driver Yiroshi bagian yang ditambah vr 102

Tujuan menambahkan vr dengan ukuran 102 hanya untuk menyeimbangkan tegangan dco sehingga benar benar 0 volt. Sedangkan jika menggunakan resistor 560 ohm kita tidak bisa mengurangi atau menambah dco. 

Resistor 560 ohm ini ada di bagian suplai negatif dan positif. Jika nilainya tidak seimbang maka dco bisa tinggi. Mungkin inilah sebagian orang memilih menambahkan vr agar antara suplai positif dan negatif transistor yang terhubung dengan 560 ohm ini seimbang. Menambahkan bisa pada bagian negatif saja atau positif saja karena vr ini fungsinya hanya untuk menyeimbangkan salah satu. 

Setelah Tegangan DCo teratasi, kita juga bisa menambahkan tegangan bias. Pada mk5 tidak ada juga trimpot untuk tegangan bias sehingga harus menambahkan bias servo di bagian resistor 1k yang terhubung dengan basis-emitor mje340. Ukuran trimpot atau VR Bias adalah 10k/102.

Jika tegangan bias masih 0 kemungkinan masih terjadi serak anda bisa menambahkan sampai 500 mv agar transistor final bekerja maksimal. Namun jangan terlalu tinggi agar transistor final tidak overheat. 

Demikian tentang cara mengatasi driver yiroshi yang serak. Intinya adalah ketika semula normal, kemudian menggunakan DCO settingan pembuat pada uji coba normal sebenarnya kita harus mengecek pada bagian transistor driver. Terutama jika driver yang di dapat di pasaran cenderung murah, transistor yang digugnakan kadang asal sehingga tidak memenuhi kekuatan tegangan tinggi. 

Semoga bermanfaat!!!

Baca juga:Cara mengatasi amplifier socl 504 serak

ONSOLDER.COM
ONSOLDER.COM Saya adalah seorang teknisi elektronika memiliki pengalaman dunia raparasi selama lebih dari lima Tahun. Sebuah profesi menopang hidup saya selama ini. Sebagai sampingan saya juga hobi menulis tentang elektronika terutama pengalaman memperbaiki perangkat elektronik di www.onsolder.com