Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Memperbaiki TV Satu Garis Vertikal di Tengah Layar

Cara Memperbaiki TV Satu Garis Vertikal di Tengah Layar

 ONSOLDER -  Kerusakan layar hanya terlihat tv satu garis vertikal atau satu garis saja di tengah bercahaya. Tv tabung dengan merek tv sharp, polytron, lg, wcom/china dan lainnya bisa terjadi gejala kerusakan yang sama yaitu kerusakan terjadi pada blog horizontal. Sedangkan jika gejalanya layar tv satu garis horizontal disebabkan karena kerusakan blog ic vertikal dan pendukungnya. 

Agar kita memahami kerusakan kita harus tahu dulu bagian blog horizontal terdapat beberapa komponen dan sistem kerja yaitu;

1. Horizontal oscilator 

Horizontal oscilator berfungsi untuk membangkitkan getaran yang bentuknya pulsa blok dengan frekuensi 15625 hz. Kerusakan pada horizontal oscilator mengakibatkan layar crt atau tabung tidak nyala suara normal. Namun untuk tv modern kadang tv mati total.

2. Horizontal driver 

Horizontal driver mendapatkan sinyal dari ic micom kemudian akan menguatkan sinyal basis transistor horizontal. Kerusakan pada horizontal driver mengakibatkan flyback tidak nyembur atau tidak bekerja.

Baca juga: cara memperbaiki tv satu garis horizontal 

3. Horizontal output 

Horizontal output menguatkan daya sinyal dari horizontal driver dan diumpan ke defleksi yoke horizontal serta diberikan ke pembangkit tegangan extra tinggi (fbt). Kerusakan pada horizontal output mengakibatkan tv hanya terlihat satu garis vertikal, suara normal. 

4. Defleksi yoke horizontal

Defleksi yoke horizontal fungsinya untuk membelokan sweep berkas cahaya atau elektron ke arah horizontal di dalam tabung gambar. Kerusakan defleksi yoke horizontal mengakibatkan raster satu garis vertikal pada layar tabung gambar suara normal. JIka short dan terbakar bisa mengakibatkan transistor horizontal jebol terus meski sudah ganti dengan yang baru sekalipun. 

Cara Memperbaiki TV Satu Garis Vertikal di Tengah Layar 

Sekarang saya bisa berbagi pengalaman cara memperbaiki Layar tv tabung hanya terlihat satu garis horizontal di tengah. 

Tapi kalian perlu tahu bahwa kerusakan ini kadang tidak nampak, seperti layar gelap saja tapi suara normal. untuk melihat gejala satu garis vertikal kalian harus menambah screen melalui flyback. 

Pertama yang sering saya temui di tv tabung ketika hanya terlihat satu garis berdiri di tengah layar tetapi suara normal biasanya terjadi kerusakan pada horizontal output, entah itu defleksi yoke horizontal putus atau kadang kerusakan terjadi pada induktor, kapasitor dan resistor. 

Teknik Memperbaiki tv satu garis vertikal pengalaman


Bila garis vertikal di tengah layar berupa garis kecil, Biasanya r pembatas menuju defleksi yoke putus atau melar. Dan pernah juga pada tv polytron slim ukuran 21 inch defleksi yoke pada lilitan horizontal ada salah satu yang putus. Jadi cek lilitan yoke horisontal dulu sebelum mengukur komponen lainnya.

Bagi yang bingung lilitan horizontal yang mana, anda bisa melihat warna kabel merah dan bisa juga melihat gambar diatas yang ditunjuk menggunakan garis kuning horizontal output.  

Jika garisnya tebal atau masih tersisa beberapa cm di tengah layar. Kemungkinan adalah komponen pendukung horizontal  seperti dioda ,resistor, Kapasitor, yang sering putus karena dimakan usia .

TV satu garis vertikal di tengah layar hanya masalah kadang sepele yaitu  kerusakan pada kumparan bulat berintikan ferit yang terletak di dekat TR horizontal putus karena karatan dimakan usia. 

Pengalaman pada tv LG SUPER SLIM, Gejala awal tv satu garis vertikal dan transistor horisontal konslet sampai habis transistor tiga biji. Kerusakan ini disebabkan karena  kapasitor yang berhubungan pada kolektor transistor H dengan ground short. Baca juga: cara memperbaiki tv lg transistor horizontal jebol terus

Apakah transistor driver horizontal bisa mengakibatkan kerusakan ini. Bisa atau tidaknya sebenarnya transistor driver ketika dia tidak mendapatkan perintah dari ic micom otomatis tidak dapat mengumpan ke transistor horizontal. Ketika transistor driver tidak bekerja, tv tidak akan ada cahaya terlihat, karena flyback tidak bekerja. Jadi jarang terjadi jika mungkin karena kurangnya osilasi pada sinyal yang diberikan oleh transistor driver. 

Itulah beberapa pengalaman mengenai TV rusak satu garis vertikal. Pada kesimpulan akhir di kerusakan dengan merk apapun jika menemui tv hanya terlihat satu garis vertikal pertama yang dicek adalah defleksi yoke horizontal kemudian baru Komponen pendukungnya. 

Baca juga: cara memperbaiki tv layar menyempit atas bawah dan bergelombang


ONSOLDER.COM
ONSOLDER.COM Saya adalah seorang teknisi elektronika memiliki pengalaman dunia raparasi selama lebih dari lima Tahun. Sebuah profesi menopang hidup saya selama ini. Sebagai sampingan saya juga hobi menulis tentang elektronika terutama pengalaman memperbaiki perangkat elektronik di www.onsolder.com