Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Pengertian simbol Trimpot dan penerapan di dalam rangkaian elektronika

ONSOLDER.COM - Trimpot atau trim potensiometer adalah sebuah komponen elektronik yang berfungsi sebagai resistor variabel. Trimpot memiliki tiga kaki, yaitu terminal pengaturan, terminal tengah, dan terminal lainnya.

Trimpot biasanya digunakan untuk mengatur gain, offset, dan kalibrasi dalam suatu sistem elektronik. Misalnya, trimpot dapat digunakan untuk mengatur volume pada amplifier, mengatur brightness pada display, atau mengatur tegangan output pada power supply.

Trimpot juga dapat digunakan sebagai pengatur tingkat resistansi dalam suatu sirkuit elektronik. Trimpot memiliki nilai resistansi yang dapat diatur sesuai kebutuhan, sehingga dapat digunakan untuk menyesuaikan tingkat resistansi dalam suatu sirkuit sesuai dengan kebutuhan.

Simbol Trimpot 

Pengertian simbol Trimpot dan penerapan di dalam rangkaian elektronika
Simbol trimpot dan contoh beberapa ukuran trimpot
Simbol trimpot seperti resistor tetap yang ditambahkan garis menyilang yang diujungnya ada garis penutup. Yang membedakan antara potensio dan lainnya adalah garis penutup pada bagian akhir garis. mungkin kalau potensio digambarkan tanda panah, untuk trimpot digunakan tanda garis tutup.

Pengertian simbol Trimpot dan penerapan di dalam rangkaian elektronika
perbedaan trimpot dan potensio dalam skema elektronik

Namun pada perbedaan lain simbol trimpot dan potensio dibedakan antara garis lurus dari atas ke bawah tidak menyentuh bagian body resistor, sedangkan simbol trimpot menyilang. 

Simbol trimpot di atas hanya merupakan salah satu contoh dari banyak simbol yang dapat digunakan untuk menggambarkan trimpot dalam skema elektronik. 

Baca juga: warna resistor 1 ohm, 10, ohm, 100 ohm, 1k, 10k, 100k

Penerapan trimpot di dalam rangkaian

Berikut ini adalah beberapa contoh penerapan trimpot, yaitu komponen elektronik yang berfungsi sebagai pengatur resistansi:

Volume control: Trimpot sering digunakan sebagai komponen utama dalam pengatur volume, baik untuk perangkat audio maupun video. Trimpot berguna untuk mengatur besar kecilnya resistansi yang diberikan ke sinyal audio atau video, sehingga volume yang dihasilkan dapat diatur sesuai keinginan.

Brightness control: Trimpot juga sering digunakan sebagai komponen utama dalam pengatur kecerahan, misalnya untuk layar monitor atau proyektor. Trimpot berguna untuk mengatur besar kecilnya resistansi yang diberikan ke sinyal kecerahan, sehingga tingkat kecerahan yang dihasilkan dapat diatur sesuai keinginan.

Temperature control: Trimpot juga dapat digunakan sebagai bagian dari sistem pengatur suhu, misalnya pada perangkat pendingin ruangan atau water heater. Trimpot berguna untuk mengatur besar kecilnya resistansi yang diberikan ke sistem pengatur suhu, sehingga tingkat suhu yang dihasilkan dapat diatur sesuai keinginan

Frequency control: Trimpot dapat digunakan sebagai komponen utama dalam mengatur frekuensi, misalnya pada perangkat radio atau tone generator. Trimpot berguna untuk mengatur besar kecilnya resistansi yang diberikan ke sinyal frekuensi, sehingga frekuensi yang dihasilkan dapat diatur sesuai keinginan.

Motor control: Trimpot juga dapat digunakan sebagai bagian dari sistem pengatur kecepatan motor, misalnya pada perangkat roda tiga atau sepeda motor. Trimpot berguna untuk mengatur besar kecilnya resistansi yang diberikan ke sistem pengatur kecepatan, sehingga kecepatan motor dapat diatur sesuai keinginan.

Current control: Trimpot juga dapat digunakan sebagai komponen utama dalam pengatur arus, misalnya pada perangkat charger atau power supply. Trimpot berguna untuk mengatur besar kecilnya resistansi yang diberikan ke sinyal arus, sehingga arus yang dihasilkan dapat diatur sesuai keinginan.

Demikian tentang Pengertian simbol Trimpot dan penerapan di dalam rangkaian elektronika  semoga bermanfaat.


ONSOLDER.COM
ONSOLDER.COM Saya adalah seorang teknisi elektronika memiliki pengalaman dunia raparasi selama lebih dari lima Tahun. Sebuah profesi menopang hidup saya selama ini. Sebagai sampingan saya juga hobi menulis tentang elektronika terutama pengalaman memperbaiki perangkat elektronik di www.onsolder.com