Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memperbaiki Speaker Aktif dengung dan noise

ONSOLDER.COM - Speaker aktif rakitan dengung itu sangat wajar. Selain brand ternama seperti Polytron, Sharp, GMC, dan produk built-up lainnya, speaker aktif di pasaran adalah produk rakitan. Jadi, menurut pengalaman yang pernah saya alami selama memperbaiki speaker aktif suara dengung, masalahnya sama, terutama produk yang menggunakan fitur lebih banyak seperti subwoofer, mic, dan fitur stereo karaoke.

Sebenarnya, banyak catatan mengenai kerusakan speaker aktif gangguan dengung dan noise. Saya akan menjabarkan lebih sederhana bagi Anda yang hobi merakit ampli dan memperbaiki speaker aktif. Jadi, saya anggap Anda sudah mengerti tentang elektronika, paham tentang fungsi dari masing-masing blok di dalam sebuah rangkaian speaker aktif.

Tone control

Pertama kali saya akan membahas tentang tone control, karena sumber suara diolah dari blok ini. Ketika terjadi gangguan dari bagian tone control, maka sinyal tersebut akan diperbesar oleh penguat sinyal atau blok amplifier.

Sebuah perangkat speaker aktif yang memiliki banyak fitur rawan terjadi gangguan audio dengung dan noise. Dengung biasanya bersumber dari control subwoofer yang terlalu sensitif, sedangkan noise berasal dari preamp nada tinggi.

Solusi sederhana untuk mengatasi gangguan dengung speaker aktif adalah dengan mencoba menghubungkan antara body potensio seluruhnya dihubungkan ke bagian CT sumber tegangan.

cara mengatasi dengung speaker aktif

Beberapa kali pernah saya coba dengan menyolder seutas kawat di body potensio yang dihubungkan ke ground, gangguan dengung langsung hilang.

Bahkan pada sumber penguat mic juga sangat berdampak signifikan untuk mengatasi dengung yang berasal dari penguat mic.

Baca juga : Cara memperbaiki speaker aktif suara bass pecah

Solusi tersebut kadang tidak mempan saat mendapatkan produk stereo tone control. Karena sangat erat untuk kebutuhan karaoke, maka kita akan mendapati potensio stereo yang kadang sangat rawan terjadi gangguan noise ketika lama digunakan.

Solusi untuk kerusakan ini harus mengganti part potensio yang terjadi masalah. Potensio stereo sangat mudah rusak jika dalam keadaan berjamur dan putaran sudah mulai renggang sehingga mengakibatkan gangguan noise pada treble dan dengung pada bass. Jika masih mungkin untuk dibersihkan maka bersihkan menggunakan minyak kayu putih atau minyak cleaner lainnya.

Pada bagian subwoofer sangat sensitif jika menggunakan IC 4558. Rangkaian ini sangat sensitif terhadap penguatan nada rendah sub. Untuk mengatasi hal ini, kita harus memperbaiki pada bagian sumber input. Sumber dengung bisa berasal dari suplai juga.

Sumber dengung yang paling saya temui adalah rangkaian tone control yang menggunakan IC. Entah kenapa, pada bagian control bass dan treble sering terjadi over sehingga menimbulkan frekuensi yang lebih tinggi dan lebih rendah pada bagian bass sehingga menguatkan frekuensi yang tidak diinginkan. Jadi seperti penguatan yang lebih tinggi, namun terlalu sensitif sehingga menimbulkan gangguan. Masalah ini juga kadang sering saya jumpai disebabkan oleh potensio yang bermas sehingga input dan output yang diolah oleh ic sudah terdapat  gangguan. 

Kerusakan IC penguat juga mengakibatkan gangguan dengung dan suara kecil ketika speaker aktif dinyalakan.

Kerusakan Amplifier 

Kedua, kemungkinan terjadi kerusakan pada bagian blok amplifier speaker aktif. Tentu, ini akan sangat umum gejalanya yaitu speaker aktif ketika dinyalakan hanya dengung setelah diberikan input tetap dengung saja tanpa ada suara yang keluar atau suaranya kadang malah kecil.

Hal ini berkaitan dengan kerusakan terjadi pada drive amplifier speaker aktif.

Cara mengetahuinya kita harus memutus antara blok tone control dan bagian amplifier. Dari sini kita tahu kerusakan terjadi pada bagian preamp control atau terjadi kerusakan pada amplifier.

Jika setelah input dicopot suara menjadi diam tanpa dengung berarti kerusakan terjadi pada control. Sedangkan jika bagian amplifier masih dengung berarti kerusakan terjadi pada amplifier.

Untuk lebih cepat mengecek, ini kembali lagi mengukur output speaker. Di bagian tersebut jika ada arus DC besar maka kemungkinan kerusakan terjadi pada blok amplifier. Jika pun tidak, jika setelah tidak ada input yang masuk kerusakan terjadi tetap pada ampli. Entah itu kerusakan salah satu transistor final dan driver putus atau kerusakan bagian pre-amp yang rusak sehingga mengakibatkan suara dengung dan noise.

Power suplai

Kerusakan power supply jika Anda merakit, ini akan terjadi gangguan apabila pada bagian tone control tegangan yang diberikan tidak stabil atau sumber gangguan noise dan dengung bersumber dari suplai entah itu SMPS ataupun trafo.

Nah, untuk merakit, saya sering mendapati ketika menggunakan SMPS sangat rawan gangguan noise daripada dengung. Sehingga ini kaitan dengan tone control dan juga bagian suplainya.

Entah kenapa power supply menggunakan SMPS sangat sensitif terhadap gangguan frekuensi tinggi dan rendah.

Bagi pengguna MP3 Bluetooth pada speaker aktif dengung tidak bisa dihindari jika kita yang digunakan bermasalah dan power supply yang digunakan tidak stabil dan terganggu dengan LED dan yang lainnya. Sehingga menimbulkan gangguan noise pada output MP3. Jadi, pilihlah produk yang berkualitas dan gunakan kabel sependek mungkin pada jalur input dan output agar gangguan dengung dan noise pada speaker aktif dapat diminimalisir dan gunakan daya dan tegangan yang direkomendasikan oleh kit amplifier.

Saya sering menangani kasus ini pada bagian nada treble selalu ada desis. Untuk mengatasi ini, bisa mengganti ukuran capasitor di bagian nada trebel lebih rendah.

Cara Memperbaiki Speaker Aktif dengung dan noise

Pada saat memperbaiki speaker aktif yang bukan disebabkan kerusakan amplifier dan tone control ialah bocornya elko yang digunakan untuk power suplai amplifier dan tone control. Ketika salah satu bocor maka tegangan menjadi tidak seimbang yang mengakibatkan kerusakan lebih fatal setelah mengalami gejala dengung. 

Mungkin itulah beberapa gangguan dan kerusakan yang sering terjadi pada speaker aktif rakitan.

Untuk lebih lengkapnya tentang memperbaiki speaker aktif anda bisa membaca artikel tentang: panduan lengkap cara memperbaiki speaker aktif

Semoga bermanfaat.