Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Memperbaiki Rice Cooker mati, tidak Panas dan Nasi Cepat Basi

Cara Memperbaiki Rice Cooker mati, tidak Panas dan Nasi Cepat Basi - Rice Cooker memiliki sistem kerja yang sederhana sehingga mudah dipahami oleh siapapun. Oleh karena itu, jangan khawatir jika rice cooker di rumah Anda mengalami kerusakan karena kita dapat memperbaikinya dengan mudah.

Rice cooker memiliki beberapa komponen yang mudah sekali ditemukan di pasaran yaitu: 

  • Elemen cooker, pemasak nasi 
  • Elemen warm, pengganti nasi yang biasanya terletak di bagian samping dan tutup. 
  • Thermostat sensor, pindah mode cook to warm.
  • Thermofuse, mode Cook.
  • Thermal sensor, di sistem mode Warm.
  • Switch/saklar.

Rice Cooker yang tidak panas memiliki beberapa gejala kerusakan yang dapat kita deteksi menggunakan gejala yang ditimbulkan, diantaranya:

  • Rice Cooker mati total dan indikator tidak menyala.
  • Rice Cooker tidak menghangatkan nasi ketika sudah matang.
  • Nasi cepat basi.
  • Mode Cook tidak dapat bekerja.

Cara Memperbaiki Rice Cooker mati, tidak Panas dan Nasi Cepat Basi

Kali ini, saya akan mengajak Anda untuk memperbaiki secara otodidak. Namun, cara ini cukup berisiko dengan biaya yang lebih mahal jika kita salah dalam memprediksi kerusakan rice cooker. Saya berusaha mencari jalan tengah agar semua orang dapat memperbaiki rice cooker yang tidak panas. 

Berikut adalah cara-cara untuk memperbaiki rice cooker yang tidak panas:

Rice Cooker mati total dan indikator tidak menyala.

Cara Memperbaiki Rice Cooker mati, tidak Panas dan Nasi Cepat Basi
Skema sederhana mungkin terdapat perbedaan dibagian saklar dan elemen mode warm

Ada kemungkinan kerusakan mati total pada rice cooker, yaitu kabel AC dan thermofuse. Pertama-tama, cek kabel AC terlebih dahulu, kemudian baru memutuskan untuk mengganti thermofuse. Bagi Anda yang tidak memiliki alat tester untuk mengecek apakah kabel AC dapat bekerja atau tidak, bisa diganti dengan kabel lain terlebih dahulu. Jika masih sama saja, kemungkinan terjadi kerusakan pada komponen thermofuse.

Mode Warm tidak berfungsi

cara memperbaiki rice cooker

Jika gejalanya mode warm tidak dapat menghangatkan nasi kemungkinan terjadi kerusakan pada saklar mode. Jika saklar masih dapat bekerja, kemungkinan terjadi kerusakan sistem kerja elemen samping dan tutup.

Elemen pemanas yang tidak bekerja pada bagian samping dan bagian tutup. Beberapa produk menggunakan sensor suhu untuk menjaga elemen tetap stabil agar tidak overheat. Jika elemen dirangkai secara seri, maka ketika salah satu elemen putus, maka semua elemen tidak dapat bekerja, sehingga mengakibatkan rice cooker mode warm tidak panas.

Nasi cepat basi.

Nasi cepat basi dipicu oleh kadar air yang tidak dapat terbuang oleh uap pada bagian tutup sehingga mengakibatkan embun berlebih. Hal ini juga berkaitan dengan sensor suhu yang mulai usang sehingga suhu yang dihasilkan oleh elemen kurang maksimal. JIka sistem kerja elemen menggunakan sistem paralel maka kerusakan dipicu oleh kerusakan pada elemen bagian tutup mati. 

Untuk mengeceknya, coba nyalakan mode warm dalam keadaan magic com terbuka. sentuh pada bagian tutup dan samping. Dengan begitu anda dapat menemukan elemen mana yang bermasalah. 

Jika sistem kerja elemen menggunakan sistem seri maka cara ini tidak berlaku. karena ketika salah satu mati semuanya tidak bekerja. 

Mode Cook tidak dapat bekerja.

Kerusakan ini dipicu oleh kerusakan, Thermofuse saklar dan juga bisa disebabkan oleh elemen pemanas yang sudah putus. 

Pastikan saklar pada bagian perpindahan mode diperiksa terlebih dahulu sebelum memutuskan bahwa kerusakan terjadi pada elemen.

Demikian informasi tentang penyebab rice cooker tidak panas. Semoga bermanfaat!