Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara memperbaiki Setrika Niko Tidak Panas

Kali ini saya akan memperbaiki sebuah setrika merk niko mengalami kerusakan tidak panas alias mati total. Jika anda menebak ini adalah kerusakan kabel, tidak salah karena salah satu penyebabnya adalah kerusakan kabel setrika tersebut. 

Kali ini saya akan membahas lebih spesifik tentang beberapa kemungkinan dan contoh kasus yang sedang saya tangani ini terutama untuk setrika merk niko yang tidak panas. 

Mari kita mulai tentang bagaimana menganalisa kerusakan pada setrika niko yang tidak panas. 

Pertama kita cek dulu kabel ac karena ini sangat vital untuk kita lakukan pengecekan sebelum ke komponen lainnya kebanyakan kerusakan kabel ini disebabkan kinerja kabel ini selalu ditarik sehingga mengakibatkan mudah putus. 

Kemudian setelah memastikan bahwa kabel dalam keadaan baik, maka ke bagian selanjutnya yaitu adjustmen temperatur. 

Cara kerja pengatur suhu ini menggunakan sistem tekanan, jika kita menambah suhu di bagian pengaturan artinya adalah menekan logam relay agar semakin sering konek dengan elemen pemanas. Jika temperatur di pengaturan dikurangi, maka berarti mengurangi tekanan agar relay menjadi jarang bekerja untuk menyambungkan arus ke bagian elemen Sehingga suhu menjadi berkurang. 

Jika sakelar relay otomatis ini tidak bisa konek, maka setrika niko bisa mati total. 

Pada kasus kerusakan setrika niko yang sedang saya tangani ini kerusakan terjadi pada relay otomatis ini. yaitu antar konektor tidak konek akibat kerak karena korosi pada bagian atas dan bawah. 

Perhatikan gambar berikut ini agar anda memahami konektor yang dimaksud. 

Cara memperbaiki Setrika Niko Tidak Panas

Kinerja menyambung dan memutus arus pada plat ini akan mengalami pembakaran sehingga menimbulkan kerak yang menghambat arus listrik masuk ke bagian thermostat dan bagian elemen. 

Solusinya yaitu dengan membersihkan kerak tersebut menggunakan amplas agar konek kembali. 

Bagaimana cara menganalisa setrika mati?

Saya jadi mendapatkan pengalaman ketika menghadapi setrika mati total tetapi tidak disebabkan oleh kerusakan kabel yaitu. 

Cara memperbaiki Setrika Niko Tidak Panas

Jika lampu menyala, berarti elemen rusak karena lampu setrika ini konek setelah thermostat. 

Namun jika lampu ikut mati, berarti kerusakan terjadi pada sakelar/pengatur suhu dan juga kabel. 

Cara membuka casing setrika niko

Ada beberapa baut tersembunyi terutama di bagian bawah Casing pengaturan suhu, untuk membukanya anda bisa mencongkel menggunakan obeng congkel keatas karena bagian tersebut memang didesain dengan pengancing, 

Dan yang lebih penting bahwa untuk mengecek semuanya anda harus memiliki ohm meter agar bisa cek bagian mana yang putus. Dan juga penting mengecek arus telah sampai bagian pemanas atau belum agar perbaikan lebih cepat. 

Namun apabila anda kebetulan tidak memilikinya anda bisa menggunakan teknik tebak bagian mana saja yang mungkin terjadi kerusakan diantara yang disebutkan diatas. 

Cara memperbaiki setrika tidak panas

Jika lampu indikator setrika menyala, berarti kerusakan terjadi pada elemen pemanas. 

Apabila lampu indikator mati, bisa terjadi kerusakan pada kabel ac, pengatur suhu.relay dan thermostate putus. 

Demikian tentang cara memperbaiki setrika niko mati tidak panas. semoga bermanfaat!!!