Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perangkat yang Dibutuhkan untuk Menonton Siaran TV Digital

Siaran TV digital telah menjadi populer dalam beberapa tahun terakhir. Dengan teknologi yang terus berkembang, diperlukan perangkat yang tepat untuk menikmati siaran TV digital dengan kualitas yang baik. Berikut ini adalah perangkat yang dibutuhkan untuk menonton siaran TV digital:

Perangkat yang Dibutuhkan untuk Menonton Siaran TV Digital

Perangkat yang Dibutuhkan untuk Menonton Siaran TV Digital
Source: https://siarandigital.kominfo.go.id/how-to

1. Perangkat Penerima Siaran DVB-T2: Dalam rangka menonton siaran TV digital, diperlukan perangkat penerima siaran yang sesuai dengan standar Digital Video Broadcasting Terrestrial Second Generation (DVB-T2). Salah satu cara untuk memenuhi persyaratan ini adalah dengan menggunakan TV yang sudah dilengkapi dengan DVB-T2. Pastikan TV Anda mendukung teknologi ini agar dapat menangkap siaran TV digital dengan baik.

2. Set Top Box (STB): Jika televisi Anda belum dilengkapi dengan DVB-T2 atau masih menggunakan TV analog, Anda dapat menggunakan alat tambahan yang disebut Set Top Box (STB). STB ini berfungsi sebagai perangkat penerima siaran TV digital yang akan mengubah sinyal digital menjadi format yang dapat diterima oleh TV Anda. Dengan menggunakan STB, Anda dapat terus menikmati siaran TV digital meskipun televisi Anda tidak dilengkapi dengan DVB-T2.

3. Antena TV UHF: Untuk dapat menangkap siaran TV digital dengan baik, Anda membutuhkan antena TV UHF. Antena ini akan membantu Anda mengarahkan dan menguatkan sinyal TV digital yang ada di sekitar Anda. Pastikan Anda memilih antena yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi geografis daerah tempat tinggal Anda agar mendapatkan sinyal yang kuat dan stabil.

Baca juga : cara mengatasi tv digital tidak ada gambar suara normal sinyal ada

Alur Menangkap Siaran TV Digital

Ada dua alur yang dapat Anda ikuti untuk menangkap siaran TV digital. Pertama, jika televisi Anda sudah dilengkapi dengan DVB-T2, Anda dapat mengikuti alur berikut:

1. Pastikan televisi Anda sudah dilengkapi dengan DVB-T2.

2. Sambungkan antena TV UHF ke input antena di televisi Anda.

3. Pindahkan mode input pada televisi Anda ke "TV" atau "DTV" tergantung pada merek dan model televisi yang Anda miliki.

4. Lakukan pencarian saluran atau tuning pada menu pengaturan televisi Anda untuk menangkap siaran TV digital yang tersedia di daerah Anda.

5. Setelah pencarian selesai, Anda dapat menikmati siaran TV digital dengan kualitas yang lebih baik.

Namun, jika televisi Anda belum dilengkapi dengan DVB-T2 atau masih menggunakan TV analog, Anda dapat mengikuti alur berikut:

1. Beli dan pasang Set Top Box (STB) yang sesuai dengan standar DVB-T2.

2. Sambungkan antena TV UHF ke STB menggunakan kabel yang disediakan.

3. Sambungkan STB ke televisi menggunakan kabel HDMI atau AV yang sesuai.

4. Nyalakan STB dan televisi.

5. Pindahkan mode input pada televisi Anda ke sumber input yang sesuai dengan koneksi STB.

6. Lakukan pencarian saluran atau tuning pada menu pengaturan STB untuk menangkap siaran TV digital yang tersedia didaerah Anda.

Cek Sinyal TV Digital di Daerah Anda

Untuk memastikan kualitas sinyal TV digital dan mengetahui pilihan program siaran yang tersedia di daerah Anda, Anda dapat melakukan langkah-langkah berikut:

1. Periksa cakupan: Sebagian besar daerah yang sebelumnya mendapatkan siaran TV analog kini sudah tersedia siaran TV digital. Namun, ada baiknya memeriksa cakupan siaran TV digital di daerah Anda. Anda dapat mengunjungi situs web resmi Siaran Digital Indonesia (http://siarandigital.kominfo.go.id) untuk memeriksa daftar daerah yang telah tercakup oleh siaran TV digital.

2. Hubungi SiaranDigitalIndonesia: Jika Anda membutuhkan informasi lebih lanjut atau memiliki pertanyaan terkait sinyal TV digital di daerah Anda, Anda dapat menghubungi SiaranDigitalIndonesia melalui nomor telepon 0811-8202-208 atau melalui alamat email [email protected]. Tim mereka siap memberikan bantuan dan informasi yang Anda butuhkan.

Dengan perangkat yang tepat dan pengetahuan tentang siaran TV digital di daerah Anda, Anda dapat menikmati berbagai program menarik dengan kualitas gambar dan suara yang lebih baik. Pastikan Anda mengikuti langkah-langkah yang telah disebutkan sebelumnya untuk memastikan pengalaman menonton yang optimal.

Informasi Lebih Lanjut

Jika Anda ingin mendapatkan informasi lebih lanjut tentang siaran TV digital, perangkat yang dibutuhkan, atau pertanyaan lain terkait topik ini, Anda dapat menghubungi SiaranDigitalIndonesia melalui kontak yang telah disebutkan sebelumnya. Mereka akan dengan senang hati memberikan informasi yang Anda butuhkan dan membantu Anda dalam menikmati siaran TV digital dengan maksimal.

Siaran TV digital memberikan pengalaman menonton yang lebih baik dan beragam pilihan program yang tersedia. Dengan perangkat yang sesuai dan pengetahuan tentang alur penangkapan siaran TV digital, Anda dapat mengikuti perkembangan teknologi ini dan menikmati siaran TV dengan kualitas terbaik di kenyamanan rumah Anda.