Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 komponen Pendukung Tabung CRT yang Wajib Anda Ketahui

Halo, teman-teman! Pada kesempatan ini, saya akan berbagi tentang lima komponen yang sangat penting dalam menjalankan sebuah tabung gambar CRT. Tanpa kehadiran komponen-komponen ini, tabung gambar CRT hanya akan menampilkan satu titik putih di tengah layar. Dalam artikel ini, saya akan mengulas lima komponen krusial yang membantu menampilkan gambar yang sempurna. 

5 Komponen Penting yang Mendukung Kinerja Tabung Gambar CRT

1. Devleksi Yoke (kumparan pembelok)


Devleksi Yoke adalah elemen vital yang terdiri dari kumparan defleksi vertikal dan horizontal. Dengan inti magnit dari bahan farrit yang kuat, medan magnet di sekitar kumparan ini mengarahkan berkas elektron secara vertikal dan horizontal. Inilah yang membentuk gambar dengan efek raster, menghasilkan titik-titik fosfor yang menyusun gambar pada tabung gambar.

2. Magnit Purity (magnet kemurnian warna)

Magnet Purity berupa cincin magnet statis yang berdekatan dengan magnit konvergensi statis. Fungsinya adalah untuk memastikan penembakan elektron yang akurat, sehingga mengenai titik-titik fosfor untuk masing-masing warna, yaitu merah, hijau, dan biru. Penyetelan kemurnian warna yang tepat sangat penting untuk menghasilkan tampilan gambar yang jernih dan berwarna.

3. Magnit Konvergensi Statis

Magnit Konvergensi mengatasi pergeseran warna akibat penembakan berkas elektron yang tidak bertemu pada satu titik. Dengan dipasangnya magnit konvergensi, ketiga berkas elektron dapat konvergen pada satu titik, sehingga menghasilkan gambar yang jelas dan fokus.

4. Yoke Konvergensi Dinamis

Setelah konvergensi statis diatur, ketiga berkas elektron mengenai satu titik pada pusat layar fosfor. Namun, di pinggir layar, ketiga berkas tersebut tidak bertemu pada satu titik karena lekukan tabung. Untuk mengatasi ini, diperlukan arus gigi gergaji pada kumparan konvergensi dinamis yang menyesuaikan posisi ketiga berkas elektron untuk berkonvergensi pada setiap titik pada bidang vertikal dan horizontal.

5. Degaussing Coil

Dalam tabung gambar warna, masker yang terbuat dari plat baja dapat dipengaruhi oleh sumber magnet luar. Hal ini menyebabkan tampilan warna pada layar fosfor menjadi tidak murni. Untuk mencegah warna liar ini, digunakan kumparan pada degaussing coil. Komponen ini membantu menghilangkan efek magnetisasi dan memastikan warna pada tabung gambar selalu murni.

Kesimpulan: Komponen-komponen pendukung CRT di atas adalah elemen krusial dalam operasional tabung gambar. Tanpa kelima komponen ini, gambar yang tampil tidak akan sempurna. Jaga keberfungsian mereka agar Anda dapat menikmati tampilan gambar CRT yang jernih dan berwarna. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda semua! Terima kasih!