Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memperbaiki TV Polytron Mati Total

ONSOLDER - Apakah Anda sedang menghadapi masalah dengan TV Polytron slim Anda yang mati total? Jangan khawatir, dalam artikel ini saya akan memberikan panduan lengkap tentang cara memperbaikinya. Gejala awal yang biasa terjadi adalah ketika TV dinyalakan, tidak ada reaksi sama sekali. Lampu indikator pun tidak menyala, meskipun arus listrik sudah masuk ke power supply. Terkadang, Anda juga mungkin mendengar suara cuit-cuit di area regulator power supply.

Sebelum memulai perbaikan, mari kita pahami dulu apa yang dimaksud dengan "mati total". Istilah ini mengacu pada kondisi saat lampu indikator tidak menyala sama sekali setelah Anda mencoba menyalakan TV. Terkadang, LED menyala tetapi TV tidak dapat dihidupkan. Jadi, mati total sebenarnya menunjukkan ketiadaan reaksi apa pun saat TV dinyalakan.

Penyebab TV Polytron Mati Total


Kerusakan pada TV Polytron mati total bisa disebabkan oleh regulator primer maupun sekunder. Sebelum kita memperbaikinya lebih lanjut, ada dua kemungkinan yang perlu kita kenali terlebih dahulu terkait masalah Polytron ini.

1. Kerusakan pada Regulator Polytron Bagian Primer


Regulator atau power supply pada TV Polytron slim umumnya menggunakan jenis FET 7n65c. Jika FET ini rusak, regulator tidak akan berfungsi dengan baik dan menyebabkan lampu indikator pada TV Polytron tidak menyala.

Jika arus listrik sudah masuk ke rangkaian TV tetapi tidak ada reaksi apa pun, Anda harus berhati-hati. Periksa komponen elko 400V terlebih dahulu. Meskipun TV tidak terhubung ke listrik, elko ini biasanya masih menyimpan muatan listrik. Penting untuk menghilangkan muatan tersebut terlebih dahulu karena bisa sangat berbahaya. Tanda bahwa elko masih menyimpan muatan adalah ketika Anda mendengar suara cuit-cuit di area regulator.

Jika elko 400 volt masih menyimpan muatan, itu berarti FET 7n65c belum berfungsi atau tidak berfungsi dengan baik. Oleh karena itu, periksa semua komponen yang terhubung dengan FET ini. Terutama periksa komponen aktif seperti transistor T508, T509, T507, dan komponen utama IC 501 7n65c.

Jika elko masih menyimpan muatan meski sudah lama diputus dari sumber listrik, itu menandakan bahwa pada bagian + elko tidak ada suplai daya. Hal ini bisa disebabkan oleh R534 yang putus atau transistor T508 yang putus.

Namun, jika elko masih menyimpan muatan tetapi muatannya perlahan habis, itu menunjukkan bahwa masih ada transistor yang bekerja. Dengan demikian, transistor tersebut bisa menghabiskan sisa arus yang tersimpan di elko filter 400 volt.

Jika TV Polytron slim mati total dan MCB rumah Anda juga turun, itu menunjukkan adanya komponen yang short. Biasanya, IC 501/7n65c mengalami short antar kaki. Namun, sebelum Anda langsung mengganti IC tersebut, periksa juga transistor pendukung seperti A1515 dan C1815. Periksa ketiga transistor yang ada di blok regulator primer tersebut.

FET 7n65c Selalu Jebol

Jika kerusakan mati total terjadi pada komponen FET 7n65 pada regulator, Anda perlu berhati-hati saat menggantinya. Sebelum mengganti FET, pastikan memeriksa dengan cermat apakah ada masalah lain pada rangkaian regulator yang dapat menyebabkan FET ini jebol lagi. Beberapa faktor yang bisa menyebabkan hal ini antara lain:

A. Tidak ada tegangan gate pada kaki 1 FET 7n65c. Jika belum ada, cek transistor T508, T509, T507, dan D515D. Pastikan tegangan pada gate sebesar 3-4 volt.

B. Adanya short pada kapasitor C520/102j 2kv.

C. Penggunaan FET berkualitas rendah atau palsu. Namun, hal ini tidak berlangsung secara langsung. FET akan rusak dalam jangka waktu tertentu karena ketidakawetannya.

D. Kerusakan pada trafo regulator. Jika impedansi trafo menurun, FET tidak akan kuat menahan arus pendek.

2. Kerusakan pada Regulator Polytron Bagian Sekunder


Baca juga: Mengatasi TV Polytron Mati Standby dengan Lampu Indikator Berkedip-Kedip

Kerusakan pada TV Polytron mati total tidak selalu disebabkan oleh blok regulator primer, tetapi juga bisa disebabkan oleh regulator sekunder yang mengalami masalah. Oleh karena itu, perhatikan dengan baik jika Anda menemui masalah mati total pada TV Polytron.

Dalam beberapa kasus, ada perbedaan gejala, misalnya lampu LED masih menyala, tegangan regulator menurun, atau lampu indikator berkedip-kedip.

Salah satu kerusakan paling parah adalah ketika lampu LED berkedip-kedip, yang menunjukkan adanya short pada transistor horizontal. Namun, sebelum mengganti transistor horizontal, periksa terlebih dahulu kapasitor damper, karena transistor dapat rusak lagi jika kapasitor tersebut bermasalah. Lanjutkan membaca: Cara Memperbaiki Polytron Diva Mati Total dengan Horisontal Short

Atau jika tegangan output turun menjadi sekitar 10V, itu dapat menyebabkan lampu indikator berkedip cepat. Hal ini terjadi karena suplai daya ke IC utama tidak mencukupi.

Kerusakan juga bisa disebabkan oleh elko filter 10V pada regulator sekunder, yaitu elko dengan ukuran 1000uF 25V / C503.

Sebenarnya, perbaikan pada regulator TV Polytron slim sangat mudah dilakukan asalkan Anda telaten dan cermat dalam memeriksa satu per satu komponen yang ada. Ini akan membantu menghindari penggunaan gatcun sebagai alternatif. Mengingat biasanya gatcun tidak

 tahan lama saat digunakan pada TV. Namun, semua itu bergantung pada waktu yang Anda siapkan untuk memperbaiki regulator yang sulit diperbaiki. Jika Anda ingin cepat, Anda bisa menggunakan gatcun.

Demikianlah cara efektif untuk memperbaiki TV Polytron slim yang mati total, di mana lampu indikator tidak menyala. Semoga panduan ini bermanfaat bagi Anda yang mengalami kesulitan dalam memperbaiki TV.