Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Memperbaiki Tv Polytron Slim Tegangan IC Vertikal Over




Cara Memperbaiki Tv Polytron Slim Tegangan IC Vertikal Over



ONSOLDER - Kali ini saya ingin membahas sebuah permasalahan yang sering terjadi pada TV Polytron Slim, yaitu kerusakan yang terjadi pada IC vertikal akibat tegangan VCC vertikal yang terlalu tinggi. Masalah ini membuat IC vertikal sering mengalami kerusakan berulang kali. Pada bagian VCC +12 volt, setelah diukur ternyata tegangan yang seharusnya normal tanpa beban sekitar 16 volt DC, malah terukur sebesar 30 volt DC.

Tegangan normal VCC +12V seharusnya terukur sekitar 30 volt jika diukur tanpa beban, tetapi jika pengukuran dilakukan dari pin hitam yang diletakkan di vee-12 volt negative bukan ground. Namun, jika pin hitam tersebut diletakkan di ground, ternyata pada bagian positif tegangan tersebut juga terukur sebesar 30 volt. Jika diukur dengan pin hitam tester diletakkan di -12 volt, tegangan tersebut bahkan mencapai 45 volt.

Tidak mengherankan jika IC vertikal mengalami kerusakan meskipun sudah diganti dengan yang berkualitas terbaik.

Berdasarkan pengalaman saya sebelumnya, kerusakan tegangan VCC 12 volt ini disebabkan oleh masalah antara flyback dan tegangan b+ 110 volt. Seperti yang sudah saya bahas dalam artikel sebelumnya yang berjudul "TV Polytron U-Slim: IC Vertikal Selalu Jebol". Jika tegangan pada b+115 volt normal, kerusakan disebabkan oleh masalah pada flyback.

Namun, kali ini situasinya berbeda. Setelah mengganti flyback, ternyata tegangan vertikal +12 masih terlalu tinggi, yaitu 30 volt DC.

Saya sudah mencoba mengganti beberapa komponen termasuk dioda output 12 volt, bahkan elko juga sudah diganti.

Kemudian, saat mencari referensi dan memikirkannya, saya menemukan bahwa tegangan pin +12 volt ini terkait dengan b+115 volt melalui d803. Dioda ini bersumber dari tegangan 110 volt setelah melalui dua resistor dengan ukuran 10k dan terhubung dengan IC Micom. Jika dioda d803 dilepas, tegangan +12 volt menjadi normal.

Baca juga: Cara Memperbaiki TV Polytron: Tegangan IC Vertikal Hilang

Secara analogi, tegangan +12V ini dikendalikan oleh IC Micom untuk memonitor kenaikan tegangan b+115 volt. Dan ini berhubungan dengan sistem proteksi. Namun, jika terjadi kerusakan pada dioda 803, tegangan +12 volt menjadi terlalu tinggi dan akibatnya tegangan yang menuju IC vertikal juga menjadi terlalu tinggi (over).

Yang penting, ketika dioda tersebut dilepas dan tidak dipasang kembali dalam rangkaian, tegangan +12 volt menjadi normal lagi, terukur sebesar 16 volt.

Setelah mencoba menjalankan tes, ternyata TV tidak mengalami gangguan apa pun, bahkan berjalan normal. Ini berarti dioda tersebut tidak menjadi masalah yang besar jika tidak dipasang. Meskipun dioda tersebut diganti dengan yang baru dan ukurannya sama persis, tegangan justru menjadi bermasalah lagi.

Demikianlah informasi yang bisa saya bagikan. Semoga bermanfaat! Baca juga: Cara Mengatasi TV China dengan Tegangan IC Vertikal yang Terlalu Tinggi