Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memperbaiki TV Polytron U-Slim Ukuran 21 Inc Kadang Mati Sendiri

Cara Memperbaiki TV Polytron U-Slim Ukuran 21 Inc dengan Gejala Kadang Mati Sendiri




ONSOLDER - Hari ini saya ingin berbagi pengalaman servis TV yang mungkin bisa berguna bagi rekan-rekan servis TV sekalian. Beberapa waktu yang lalu, saya mendapat panggilan servis dari tetangga desa untuk memperbaiki TV Polytron U-Slim ukuran 21 inc yang mengalami gejala kadang mati sendiri. Penasaran? Yuk, simak ceritanya!

Jadi, kata pemilik TV tersebut, awalnya TV Polytron tersebut menyala sebentar dengan menampilkan logo, lalu mati lagi ke mode standby. Dalam bahasa teknis, TV Polytron tersebut mengalami protek. Begitu sampai di tempat kejadian, benar adanya, TV tersebut memang mengalami protek. Tanpa berpikir terlalu lama, saya langsung membuka TV tersebut untuk melakukan pemeriksaan.

Pertama-tama, saya melakukan pengamatan terhadap komponen-komponen dan solderan di dalam TV. Komponen-komponen terlihat normal dan tidak ada yang mencurigakan. Namun, saya melihat bahwa solderan di kaki IC vertikal terlihat retak-retak. Mungkin inilah penyebab TV mengalami protek, karena retaknya solderan di kaki vertikal. Sebagai informasi, pada TV Polytron, proteksi terletak pada bagian vertikal.

Setelah saya melakukan penyolderan ulang, ternyata masalah TV tetap sama, yaitu tetap mengalami protek. Tanpa patah semangat, saya mencoba mengganti kapasitor elco 1uF 50V. Dan hasilnya, TV tersebut kembali normal! Setelah menutup TV, akhirnya saya mendapatkan bayaran atas jasa servis yang telah saya lakukan.

Namun, setelah tiga hari, si pemilik TV datang lagi dengan keluhan yang berbeda. Kali ini, TV Polytron tersebut mati total, bahkan indikator standby LED pun tidak menyala. Saya segera menuju ke rumah si pemilik TV, namun ketika sampai di sana, TV tersebut sudah hidup kembali. Si pemilik TV mengatakan bahwa TV tersebut hidup sendiri karena kemarin saat mati, tombol power tidak dimatikan. Lucu juga ya, TV mati suri, hahaha.

Saya tidak membuka TV kali ini, hanya menunggu beberapa jam, dan ternyata TV tidak mati lagi. Saya pulang dengan harapan besar bahwa TV tersebut tidak akan mengalami masalah serupa lagi. Namun, beberapa hari kemudian, TV Polytron U-Slim tersebut kembali mati total. Hadeh, TV ini memang bikin ribet. Saya berhipotesis bahwa masalahnya mungkin mirip dengan yang pernah saya alami pada TV Sharp, yang ternyata STR-nya setengah mati. Tapi bedanya, pada TV Polytron U-Slim ini menggunakan IC dengan kaki tiga dengan nomor FQPF 7n65C.

Setelah saya mengganti IC regulator FQPF7n65C tersebut, sampai sekarang TV tidak pernah mati lagi. Semoga awet selamanya dan tidak mengalami masalah yang serupa di masa mendatang.

Demikianlah, kawan, catatan saya mengenai servis TV Polytron U-Slim yang mengalami gejala kadang mati sendiri dan kadang hidup sendiri. Semoga cerita ini dapat menjadi referensi bagi rekan-rekan servis TV sekalian. Terima kasih telah membacanya!