Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mencari Channel TRANS 7,TRANS TV, ANTV 2023


ONSOLDER - Setelah berpindah dari satelit Telkom 1 ke Telkom 3s, Channel Trans 7, Trans TV, dan ANTV kini menetap di satelit Telkom 4 pada tahun 2023. Awalnya, mungkin ada keraguan untuk mencari siaran di Telkom 4 karena sebelumnya Trans 7, Trans TV, dan ANTV masih berada di Telkom 3s. Namun, sekarang Anda bisa dengan mudah mencari channel Trans TV dan Trans 7 di satelit Telkom 4.

Perlu diketahui, satelit Telkom 4 (Satelit Merah Putih) berada pada posisi 108.0 derajat E, yang sama dengan posisi Telkom 1 sebelumnya. Oleh karena itu, mencari channel Trans TV, Trans 7, dan ANTV pada tahun 2023 menjadi lebih mudah karena hanya perlu mengembalikan posisi dish seperti sebelum Telkom 3s.

Berikut adalah langkah-langkah praktis untuk mencari channel Trans TV, Trans 7, dan ANTV pada tahun 2023:

1. Pastikan Tata Letak LNB dan Instalasi Antena Sudah Benar

Sebelum melakukan setting antena parabola untuk mencari channel, periksa tata letak LNB pada menu instalasi antena. Pastikan LNB untuk Palapa berada di port 1, dan LNB untuk Telkom berada di port 2. Sebelumnya, saat memrogram Telkom 3s, kemungkinan telah terjadi perubahan pada tata letak ini.

2. Cek Frekuensi Terbaru Channel Trans TV dan Trans 7

Masukkan frekuensi terbaru dari channel yang ingin dicari di Telkom 4. Pastikan frekuensi yang Anda gunakan benar, karena frekuensi dapat berubah dari waktu ke waktu. Sebaiknya cek frekuensi terbaru untuk Trans TV dan Trans 7 sebelum melanjutkan pencarian sinyal.

Update Frekuensi 2023:

- Frekuensi Trans TV HD, Trans 7 MPEG4 HD:

  - Frekuensi: 3888 MHz

  - Symbol Rate: 9600 kS/s

  - Polaritas: H

- Frekuensi Trans TV dan Trans 7 SD/MPEG2:

  - Frekuensi: 3906 MHz

  - Symbol Rate: 6250 kS/s

  - Polaritas: H

3. Mulai Tracking Sinyal

Lakukan tracking sinyal dengan mengubah setelan arah dish antena ke timur dan barat. Kemudian, kendurkan baut pengunci antena agar dapat mencari sinyal dengan mudah. Berdasarkan pengalaman, posisi dish lebih baik mengarah ke barat dari posisi semula pada Telkom 3s atau sedikit condong ke atas dari posisi semula.

4. Periksa Kualitas Sinyal

Setelah tracking dilakukan, periksa persentase sinyal yang Anda dapatkan dengan menekan menu info pada remote. Pastikan sinyal yang Anda terima cukup kuat untuk dapat menikmati siaran dengan baik.

Tips Tambahan:

- Pastikan cekungan dish dalam kondisi merata untuk memudahkan mencari sinyal.

- Periksa juga instalasi konektor LNB dan switch agar tidak terjadi tarik-menarik antara Telkom 4 dan Palapa. Jika perlu, ubah kembali instalasi antena dengan membalik posisi port 1 dan port 2.

- Jika Anda menggunakan parabola C-Band lama, Anda dapat menggunakan satu LNB saja untuk mencari sinyal Telkom 4.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda seharusnya dapat dengan mudah mencari channel Trans TV, Trans 7, dan ANTV di satelit Telkom 4 pada tahun 2023. Selamat mencoba dan selamat menikmati siaran favorit Anda!