Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Sederhana Mengatasi TV Polytron Dominan Warna Merah

Cara Mengatasi TV Polytron yang Dominan Warna Merah: Solusi Praktis dan Efektif

ONSOLDER - Jika Anda mengalami masalah dengan TV Polytron yang warna merahnya dominan, jangan khawatir! Hal ini sering terjadi pada TV Polytron jenis slim dan biasanya disebabkan oleh masalah pada tabung katoda atau pengaturan IC program yang terganggu.

Di sini, kami akan membagikan cara mengatasi masalah tersebut tanpa perlu membongkar TV. Namun, perlu diingat bahwa ini hanya pertolongan pertama. Jika masalah tidak teratasi secara permanen, kemungkinan ada kerusakan pada IC memori atau sistem RGB tabung.

Cara Mengatasi TV Polytron yang Dominan Warna Merah dengan Mode Servis

Pertama-tama, pastikan Anda memiliki remote TV Polytron sebelum melanjutkan dengan teknik ini. Tanpa remote, teknik ini tidak dapat dilakukan. Berikut langkah-langkahnya:

1. Nyalakan TV seperti biasa.
2. Matikan TV menggunakan remote dan biarkan dalam posisi standby.
3. Tahan tombol "Menu" pada remote hingga layar TV menyala.
4. Setelah TV menyala, masukkan kode 1013. Maka akan muncul pilihan mode servis.
5. Gunakan pengaturan "r-cut" untuk mengatur warna merah. Anda dapat mengurangi nilainya sesuai dengan seberapa dominannya warna merah.
6. Setelah selesai, tekan tombol "Menu" untuk menyimpan pengaturan.
7. Untuk memastikan apakah perubahan berhasil, matikan TV dan nyalakan kembali. Jika masalah warna merah dominan sudah teratasi, berarti cara ini berhasil.

Perlu diketahui bahwa masalah ini tidak selalu disebabkan oleh tabung gambar. Terkadang, kerusakan terjadi pada rangkaian RGB, transistor, atau resistor. Jika Anda tidak memiliki pengetahuan elektro yang cukup, disarankan untuk menggunakan jasa tukang servis TV yang ahli dalam memperbaiki TV Polytron yang mengalami dominasi warna merah.

Namun, metode ini cukup efektif jika layar tidak mengalami blanking garis-garis buku. Garis-garis buku tersebut menandakan adanya konsleting pada bagian katoda, baik pada rangkaian atau pin katoda yang terhubung ke bagian layar.

Jika TV Anda masih berfungsi dengan normal dan hanya mengalami dominasi warna merah, Anda dapat mencoba teknik ini dengan menggunakan mode servis pada TV Polytron Anda.