Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengalaman Menangani Kerusakan TV Polytron U-Slim Series yang Mengesankan

ONSOLDER - Dalam pengalaman saya dalam memperbaiki TV, satu masalah yang paling sering terjadi pada seri ini adalah masalah protek. Banyak pengguna TV U-Slim yang mengeluhkan masalah ini, yang umumnya dialami oleh para teknisi TV tabung. Namun, masalah yang paling sering dikeluhkan oleh pengguna dimulai dengan TV yang mengalami protek.

Biasanya, sumber masalah protek pada TV Polytron berasal dari blok vertikal yang tidak berfungsi dengan normal, entah itu berasal dari flyback atau bagian vertikal itu sendiri. Namun, terkadang masalahnya hanya berkaitan dengan elco 1 uf 50 v yang kering, tanpa masalah lain yang terjadi. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk lebih memahami kerusakan yang terjadi pada TV Polytron U-Slim Series.

Sekarang, saya ingin berbagi catatan pengalaman saya dalam menangani berbagai macam kerusakan pada TV Polytron U-Slim dan cara memperbaikinya. Mari kita lihat lebih lanjut:

1. TV Polytron Protek

Biasanya, titik protek pada TV Polytron CRT terletak pada IC vertikal, terutama pada seri U-Slim. Jika kita mengetahui letak titik proteknya, ketika menghadapi masalah protek, yang pertama kali harus diperiksa adalah IC vertikal. Langsung saja periksa elco 1 uf 50 v. Jika TV menyala normal, kemungkinan masalah hanya terjadi pada elco tersebut.

2. TV Polytron U-Slim dengan Garis Vertikal

Gejala awalnya adalah layar yang gelap, tetapi setelah layar dinaikkan, terlihat satu garis horizontal di tengah. Jika demikian, masalahnya berhubungan dengan blok vertikal. Cukup ganti elco 100 uf 50 v atau elco/pump up untuk mengatasi masalah ini.

3. TV Polytron U-Slim dengan Vertikal Jebol Terus

Masalah awalnya sama seperti yang disebutkan sebelumnya, yaitu protek. Setelah protek dinonaktifkan, suara tetap ada, tetapi tidak ada gambar. Penggantian IC vertikal tidak berhasil memperbaikinya. Ternyata, tegangan dari flyback +12 naik hingga mencapai 25v, dan sebaliknya, bagian -12 menjadi -16. Tegangan IC vertikal menjadi terlalu tinggi karena kenaikan pada bagian b+ 115v, yang menyuplai flyback, atau kadang-kadang karena kerusakan flyback itu sendiri yang menyebabkan kenaikan tegangan 12v.

4. TV Polytron U-Slim B+ Over

B+ over pada TV Polytron masih berkaitan dengan vertikal yang jebol terus, tetapi jika B+ over terlalu tinggi, transistor horizontal biasanya juga akan jebol. Sehingga TV akan berada dalam kondisi standby bahkan mati total. Saya pernah mengalami B+ over yang disebabkan oleh vr adjuster B+115v. Jika angkanya melebihi 150v, atau jika B+ mencapai 200v lebih, biasanya optokopler akan mati.

5. Mode AV pada TV Polytron Tidak Muncul

Jika tombol AV pada remot dan tombol AV pada panel switch di TV tidak menghasilkan mode AV, tetapi mode VCR muncul, hal ini disebabkan oleh kesalahan pada IC memori. Anda bisa mencoba menggunakan IC bekas dari TV Polytron yang sama.

6. TV Polytron Mati Total dengan Elco 400v yang Masih Menyimpan Tegangan

Hal ini disebabkan oleh salah satu komponen yang putus atau fet yang tidak berfungsi. Saya menemukan kerusakan pada jalur + elco 400v, yaitu resistor dengan ukuran 220k yang rusak atau putus. Oleh karena itu, elco masih menyimpan tegangan. Setelah mengganti resistor 220k, TV langsung kembali normal.

7. Lampu Indikator TV Berkedip-kedip

Jika Anda menemui kerusakan pada TV Polytron yang menyebabkan lampu indikator berkedip-kedip, sebaiknya jangan menyalakan TV dalam waktu yang lama. Sebaiknya periksa bagian horizontal terlebih dahulu. Jika diteruskan, kemungkinan besar TV akan mati total karena fet pada regulator tidak dapat menahan arus pendek yang terjadi pada transistor horizontal. Jika transistor horizontal rusak, jangan langsung menggantinya karena mungkin ada kemungkinan lain. Misalnya, kapasitor resonansi yang mengalami korsleting. Oleh karena itu, perlu diperiksa terlebih dahulu sebelum melakukan penggantian transistor horizontal, seperti cek capasitor resonant.

8. Layar TV Menampilkan Warna yang Bercampur

Masalah ini membuat gambar tidak jelas, seperti hologram. Hal ini disebabkan oleh penurunan tegangan 180v video. Biasanya, masalah ini disebabkan oleh elco ukuran 47uf250v yang kering. Namun, terkadang kerusakan ini juga bisa disebabkan oleh flyback yang rusak. Jika masalah masih terjadi setelah penggantian elco, periksalah resistor pembatas yang molor dan dioda yang short pada jalur tegangan 180v video.

9. Timbul Bercak Warna pada Layar

Hal ini disebabkan oleh kegagalan fungsi degaussing sehingga tidak dapat menetralkan pengaruh magnet pada fosfor. Masalah ini biasanya terjadi pada posistor degaussing dan juga NTC.

10. TV Gelap dan Hanya Terlihat Pelangi

Jika layar TV Polytron gelap dan hanya terlihat pelangi, masalah ini terkait dengan tidak berfungsinya blok vertikal. Seringkali, resistor 1 ohm rusak sehingga tegangan 12v ke IC vertikal menjadi drop. Atau bisa juga disebabkan oleh elco filter 470uf dan dioda pada penyearah flyback out +- 12v yang mengalami kerusakan.

11. Polytron Layar Hanya Membuka Bagian Bawah

Masalah ini dimulai dengan protek. Setelah protek dinonaktifkan, ternyata layar hanya ter

lihat separuh bagian bawah. Hal ini disebabkan oleh elco ukuran 100uf50v yang kering pada blok vertikal sebagai elco pump-up.

Itulah beberapa pengalaman saya menangani beberapa kerusakan pada TV Polytron U-Slim. Sebenarnya, masih ada banyak lagi kerusakan lainnya, tetapi sayangnya saya sudah lupa.

Untuk cara memperbaiki kerusakan TV yang lain, saya telah menulis beberapa artikel lain. Semoga pengalaman yang saya bagikan ini bermanfaat bagi semua rekan.