Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

ESR meter Alat ajaib untuk Teknisi Elektronik

ESR = Equivalent Series Resistor - ESR meter atau sering disebut dengan nama smart tester ini merupakan alat untuk mengukur berbagai komponen yang kemungkinan rusak, terutama pada kapasitor dan elko yang sulit dipastikan menggunakan tester biasa.

Dalam penggunaannya, smart tester ini sangat mudah. Bahkan, ada satu fitur smart ESR untuk mengukur komponen tanpa harus mencopot komponen yang akan diukur dari rangkaian.

Tidak heran jika ESR meter/smart tester saat ini menjadi primadona sebagai alat ukur komponen elektronik rusak, terutama untuk elko dan kapasitor.

Ada dua jenis ESR meter yang ada di pasaran saat ini, yaitu ESR meter analog dan ESR digital. Tentu dengan menggunakan ESR meter digital, pembacaan nilai resistensi dari sebuah kapasitor menjadi lebih akurat.

ESR meter bisa dirakit sendiri jika Anda memang hobi dengan perakitan elektronik. Namun, apabila Anda ingin lebih praktis, di pasaran saat ini sudah tersedia berbagai market store dan website yang menjual ESR meter digital maupun analog.

ESR meter bekerja berdasarkan arus AC sehingga ketika pengukuran dengan komponen berpolaritas tidak akan bermasalah. Pada pengukuran komponen elko, yang dibutuhkan adalah nilai UF dan nilai ESR. Ketika elko maupun kapasitor dalam keadaan baik dan berkualitas, biasanya akan menunjukkan nilai resistensi yang rendah, dan ditandai dengan nilai UF yang sama dengan kapasitas yang tertulis dalam body elko.

Sedangkan dengan ohmmeter biasa, nilai UF dan resistensi terkadang kurang terbaca. Biasanya, teknisi yang sudah terbiasa dengan kerusakan sering langsung menuju elko yang meski diganti dan membabat habis pada area tertentu tanpa adanya pengukuran. Dengan adanya ESR meter ini, Anda mungkin akan lebih hemat komponen juga.

Di pasaran saat ini, harga ESR meter beraneka ragam, mulai dari harga 80k sampai 500k tergantung spesifikasi ESR meter itu sendiri.

Setiap pembelian ESR meter akan dibekali dengan beberapa fitur dan fungsi dari tester itu sendiri. Sebelum membeli, tanyakan kepada penjual mengenai selengkapnya fitur dan fungsi tersebut. Yang terpenting bukan hanya harga murah atau mahal, tetapi juga kualitas dan fungsi yang sesuai dengan kebutuhan.

Fitur dasar smart tester+ESR di antaranya:

1. Mengukur elko dan kapasitor.
2. Mengecek transistor.
3. Mengukur induktor.
4. Mengukur dioda.
5. Memeriksa LED.
6. Memeriksa FET.
7. Mengukur frekuensi.
8. Dan masih banyak lagi.

ESR meter smart tester, juga dikenal sebagai smart tester dari Duwiarsana, sangat membantu terutama bagi pemula di bidang elektro. Dengan segala kemudahan yang ditawarkan oleh smart tester, proses pembelajaran akan menjadi lebih mudah. Misalnya, ketika mengukur transistor, menggunakan ESR meter ini akan mempermudah pemahaman letak urutan kaki pada sebuah transistor, seperti basis, kolektor, dan emitor, serta jenis transistor apakah NPN atau PNP.

Perlu diperhatikan saat menggunakan fitur mengukur elko, karena biasanya elko memiliki kemampuan untuk menyimpan arus. Oleh karena itu, sebaiknya shortkan terlebih dahulu atau buang muatan dari elko sebelum menggunakan ESR meter.

Smart tester membantu dalam memeriksa komponen dalam keadaan pasif, tidak diperuntukkan untuk tegangan dan arus.

Demikian, semoga bermanfaat!

Saya memberikan sedikit saran agar berhati-hati saat membeli secara online, terutama jika penjualan dilakukan hanya melalui WhatsApp kepada orang yang belum dikenal sebelumnya. Lebih baik melakukan transaksi melalui market store dan website yang memiliki riwayat transaksi terpercaya.