Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memasang Transistor Final OCL HiFi Bandar Power

ONSOLDER.COM - OCL HIFI By Bandar power merupakan driver yang menghasilkan suara berkualitas dan memiliki karakter flat. Sesuai namanya amplifier ini memang benar benar bersih dan mendekati suara aslinya. Driver ini cocok bagi penggemar musik dengan jenis musik yang membutuhkan detail suara. 

Kali ini kita akan membahas memasang transistor final ocl hifi yang sebenarnya masih sama dengan driver lainnya. hanya saja desain dari pcb dari bandar power ini unik. sehingga mungkin bagi yang masih belajar merakit akan kesulitan memahami dari keterangan yang tertulis di dalam pcb. 

 

Cara Memasang Transistor Final OCL HiFi Bandar Power
Cara memasang transistor final OCL HIFI

Keterangan Gambar

Gambar diatas menunjukan penyambungan antara kit ocl hifi dengan transistor final. Ocl hifi menggunakan sistem transistor final out emitor seperti kit class ab lainnya. di dalam kit tersebut terdapat keterangan diantaranya: 

B+ digunakan untuk basis transistor NPN. Jika anda belum mengerti tentang jenis transistor npn dan pnp maka untuk lebih mudahnya anda bisa melihat kode transistor SC yang berarti tersambung ke bagian b+. transistor final NPN yang digunakan pada gambar tersebut adalah 2SC5200. 

B- digunakan untuk menyambung ke PNP. Kode transistor SA1943. Seri depan SA artinya disambung pada tegangan negatif. 

Kaki kolektor (kaki tengah) transistor final masing-masing jenis disambung pada kaki kolektor tef sesuai dengan gambar. Atau bisa juga disambung ke konektor vcc. 

Kode SP digunakan untuk out speaker yang dihubungkan dengan kaki emitor seluruh transistor final yang telah melalui resistor kapur. 

VCC POS artinya vcc positif + .

VCC NEG artinya VCC Negatif - .

Baca juga: cara menentukan transistor final agar hemat dan efisien

Power suplai  OCL Hifi

Jika komponen yang digunakan berkualitas terbaik mungkin saja driver ini mampu untuk di suplai menggunakan Max 90 VDC. 

Minimal yang dibutuhkan untuk driver ini adalah 45 VAC. Mungkin juga masih bisa digunakan pada tegangan di bawah 45 VAC akan tetapi kekurangannya power akan mudah clip pada daya yang rendah. akibatnya distorsi akan mudah terjadi pada daya sangat rendah.  

Ocl HIFI harus didukung dengan aksesoris agar gain pada driver ini dapat terpenuhi. Ketika menggunakan driver ini tanpa aksesoris apapun gain yang dihasilkan kurang bertenaga. Sesuai dengan keterangan Banda power bahwa ocl hifi ini membutuhkan kit peamp. 

Demikian tentang cara memasang transistor final driver ocl hifi by bandar power semoga bermanfaat!!!