Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Langkah Mencari Satelit TELKOM 4 mudah untuk pemula

Mencari sinyal Telkom 4 pada tahun 2023 menjadi lebih sederhana dibandingkan sebelumnya. Satelit Palapa bukan lagi fokus utama, memudahkan pencarian Telkom 4 tanpa perlu membagi sinyal. Ini berarti saat menemukan sinyal Telkom 4, tidak perlu lagi memikirkan satelit Palapa yang sekarang digunakan oleh beberapa saluran TV seperti SCTV & INDOSIAR, serta beberapa PAY TV yang telah beralih ke satelit Telkom 4.

Sebelum mulai pencarian satelit Telkom 4, penting untuk memahami dasar-dasar pelacakan parabola atau setidaknya mencari referensi terlebih dahulu untuk memahami perubahan yang terjadi. Ini membantu saat menghadapi kendala, memastikan langkah yang tepat.

 Langkah 1: Mengetahui Posisi Satelit Telkom 4

Satelit Telkom 4 berada pada garis bujur 108 Derajat E, sebelumnya ditempati oleh satelit Telkom 1. Bagi yang belum beralih dari Telkom 1 ke Telkom 3s, cukup melakukan pemindaian ulang untuk menampilkan Telkom 4 tanpa perlu tracking parabola, asalkan komponen LNB dan perangkat lainnya berada dalam kondisi normal.

 Langkah 2: Perhatikan Perubahan dari Tahun 2017

Pastikan tidak melakukan perubahan jika sudah mengalami perubahan pada tahun 2017 ketika menggunakan Telkom 3s. Dengan begitu, pencarian sinyal Telkom 4 akan lebih mudah asalkan LNB tetap normal dan posisi dish tidak bergeser. Cukup lakukan pemindaian otomatis untuk menemukan satelit Telkom 4.

 Langkah 3: Menghindari Kesalahan Umum dalam Tracking Parabola

Beberapa kesalahan umum dalam mencari satelit Telkom 4 adalah sebagai berikut:

1. Kesalahan dalam Memprogram Receiver:
   - Belum mengubah frekuensi transponder dari Telkom 3s ke frekuensi terbaru Telkom 4 tahun 2023.
   - Kurang memperhatikan posisi Dseq dan LNB yang menyebabkan hilangnya sinyal.
   
   Solusi: Pastikan posisi Dseq pada receiver dan LNB sama. LNB 1 berada pada Dseq 1 untuk menerima satelit Palapa, sementara LNB 2 berada pada Dseq 2 untuk Telkom 4.

2. Penggeseran Parabola yang Tidak Tepat:
   - Mengendurkan semua baut pada parabola bisa memperlambat proses pencarian sinyal.
   
   Solusi: Cukup mendorong dish sedikit ke arah barat setelah pengaturan awal yang benar. Jangan mengendurkan semua baut parabola.

Dengan hanya menggunakan satu LNB, pencarian Telkom 4 pada tahun 2023 akan jauh lebih mudah. Sambungkan langsung konektor receiver ke salah satu LNB tanpa switch, lalu lakukan tracking dengan frekuensi terbaru Telkom 4.

 Kesimpulan

Mencari sinyal Telkom 4 pada tahun 2023 menjadi lebih sederhana jika memahami kesalahan umum yang perlu dihindari. Dengan langkah-langkah yang tepat, Anda dapat dengan mudah mendapatkan sinyal yang dibutuhkan.