Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menentukan daya amplifier untuk speaker agar speaker aman

Menentukan daya amplifier untuk speaker agar speaker aman

 Aturan pertama: Kenali kemampuan daya speaker Anda.

Kapasitas daya puncak speaker menggambarkan watt maksimum yang dapat ditangani oleh kumparan suara speaker dalam waktu yang sangat singkat. Kapasitas daya kontinu speaker menggambarkan tingkat daya yang dapat ditangani oleh speaker dalam jangka waktu yang lama.

Aturan kedua: Pastikan amplifier Anda memiliki rating untuk memberikan output daya yang diinginkan pada impedans yang ditentukan.

Impedans speaker diukur dalam ohm. Daya amplifier bervariasi tergantung pada impedans speaker yang Anda hubungkan. Secara teori, memiliki impedans akan menggandakan output daya dan menggandakan impedans akan mengurangi output daya menjadi setengahnya. Namun, dalam praktiknya, Anda jarang dapat mencapai angka teoretis ini karena keterbatasan desain amplifier.

Aturan ketiga: Pilih amplifier yang mampu memberikan antara dua dan empat kali rating daya kontinu speaker Anda.

Hal ini akan memberikan headroom yang cukup pada sistem Anda sehingga Anda tidak akan tergoda untuk menaikkan sinyal di luar batas sistem Anda. Headroom tambahan akan memungkinkan speaker Anda bekerja secara maksimal tanpa risiko clipping sinyal pada input amplifier.

Contoh:

Jika speaker 8 ohm Anda memiliki rating daya kontinu 100 watt, Anda harus memilih amplifier yang dapat memberikan setidaknya 200 watt pada 8 ohm. Namun, Anda tidak boleh mengoperasikan amplifier pada output daya maksimumnya, karena ini dapat merusak speaker Anda. Sebaliknya, Anda harus mengoperasikan amplifier pada tingkat yang tidak melebihi kapasitas daya kontinu speaker dalam jangka waktu yang lama.

Manfaat headroom:

Headroom tambahan akan memungkinkan sistem Anda untuk menghasilkan transient peak dan dinamika dalam sinyal dengan lebih mudah dan lebih bersih. Ingat bahwa penggandaan daya hanya sama dengan peningkatan sekitar 3 dB. Jadi, untuk headroom 6 dB penuh, Anda perlu menggandakan daya lagi menggunakan amplifier yang mampu memberikan empat kali kapasitas daya kontinu speaker Anda.

Baca juga: cara memahami spesifikasi speaker