Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab Trafo Power Amplifier Cepat Panas

Penyebab Trafo Power Amplifier Cepat Panas

ONSOLDER - Ketika trafo baru saja dinyalakan tiba tiba sudah panas mungkin ada permasalahan serius di dalam rangkaian atau trafo itu sendiri sehingga kita meski menyelidikinya lebih lanjut agar tidak salah diagnosa. melihat harga trafo sendiri sangat mahal jika menggantinya dengan yang baru. 

Trafo yang cepat panas dapat menyebabkan kerusakan pada power amplifier secara keseluruhan. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui penyebab trafo power amplifier cepat panas agar dapat dilakukan penanganan yang tepat.

 Penyebab trafo power amplifier cepat panas

Bahan trafo 

Beberapa trafo di pasaran dibuat dari material ada alumunium ada juga yang menggunakan tembaga murni. Hal tersebutlah kita tidak pernah tahu apa yang ada di dalam trafo yang telah kita beli apakah campuran atau murni sehingga arus yang dihasilkan tidak sesuai dengan yang tertulis. Akibatnya kita membebani daya trafo tidak sesuai dengan kapasitas yang tertulis.

Overload

Penyebab paling umum dari trafo power amplifier cepat panas adalah overload. Overload terjadi ketika trafo bekerja melebihi kapasitasnya. Hal ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain:

  • Kerusakan komponen amplifier 
  • Tegangan listrik yang terlalu tinggi
  • Arus listrik yang terlalu besar
  • Speaker yang terlalu besar

Isolasi yang rusak

Isolasi yang rusak dapat menyebabkan panas berlebih pada trafo. Isolasi yang rusak dapat disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain:

  • Penggunaan trafo yang sudah lama
  • Trafo yang tidak dirawat dengan baik
  • Trafo yang terkena benturan

Pemasangan yang tidak benar

Pemasangan yang tidak benar juga dapat menyebabkan trafo power amplifier cepat panas. Hal ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain:

  • Trafo yang tidak dipasang dengan kuat, atau kadang lilitan tidak kuat sehingga lilitan bergetar saat trafo bekerja.
  • Trafo yang dipasang terlalu dekat dengan sumber panas
  • Trafo yang dipasang di ruangan yang tidak memiliki ventilasi yang baik

 Kualitas trafo yang buruk

Kualitas trafo yang buruk juga dapat menyebabkan trafo power amplifier cepat panas. Hal ini dapat disebabkan oleh penggunaan bahan yang berkualitas rendah atau proses pembuatan yang tidak sesuai standar.

Cara mengatasi trafo power amplifier cepat panas

Untuk mengatasi trafo power amplifier cepat panas, perlu dilakukan penanganan yang tepat sesuai dengan penyebabnya. Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi trafo power amplifier cepat panas:

 Periksa tegangan listrik dan arus listrik

Periksa tegangan listrik dan arus listrik yang digunakan oleh power amplifier. Jika tegangan listrik terlalu tinggi atau arus listrik terlalu besar, maka perlu dilakukan penyesuaian. 

Dan pastikan driver amplifier tidak mengalami short.  kerusakan rangkaian amplifier ditandai dengan trafo cepat panas meski tidak diberikan beban di out speaker. 

Periksa speaker

Periksa speaker yang digunakan oleh power amplifier. Jika speaker terlalu besar, maka jangan paksa power amplifer digunakan jangka panjang agar trafo tetap aman. Sebuah perangkat amplifier pada umumnya akan dibebani 4 ohm atau dua buah speaker. namun kadang memaksa amplifier digunakan untuk 4 speaker sehingga kerja trafo cepat panas. 

 Ganti isolasi

Jika isolasi trafo rusak, maka perlu diganti dengan isolasi yang baru.

Baca juga: skema elco tandon untuk power supply

 Pasang trafo dengan benar

Pasang trafo dengan kuat dan pastikan trafo tidak dipasang terlalu dekat dengan sumber panas.

 Gunakan trafo berkualitas baik

Gunakan trafo berkualitas baik yang terbuat dari bahan yang berkualitas dan diproduksi dengan standar yang sesuai.

Dengan mengetahui penyebab dan cara mengatasi trafo power amplifier cepat panas, diharapkan dapat membantu Anda untuk menjaga power amplifier agar tetap awet dan berfungsi dengan baik.