Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Paralel Transistor Final Toshiba 2 set

Cara Paralel Transistor Final Toshiba 2 set - Dalam dunia audio, meningkatkan daya transistor final merupakan langkah penting untuk menghindari overheating dan memastikan kinerja optimal. Namun, perlu dicatat bahwa tujuan dari paralel transistor final Toshiba bukanlah semata-mata untuk meningkatkan watt output, melainkan untuk meringankan beban kerja transistor tersebut.

Misalnya, saat satu set transistor Toshiba mampu menangani daya 150 watt per pasangnya, merakit sebuah power set dengan kapasitas 500 watt akan memberikan beban yang berlebihan pada satu set transistor, berujung pada overheating. Oleh karena itu, penambahan transistor final diperlukan untuk membagi beban kerja dan memastikan daya terdistribusi secara seimbang.

Namun, keefektifan dari output wattage sebuah power dipengaruhi oleh kemampuan daya dari sumber daya. Meskipun labelnya menyebutkan 500 watt, jika daya yang dipasok oleh trafo berada di bawahnya, output sebenarnya mungkin hanya mencapai sekitar 200 watt RMS sebelum terjadi clipping. Sebelum menambahkan transistor final tambahan, penting untuk memperhitungkan kemampuan daya dari power supply dan baru kemudian menyesuaikan jumlah transistor final.

Cara Paralel Transistor Final Toshiba 2 set


Cara Paralel Transistor Final Toshiba 2 set
 Cara Paralel Transistor Final Toshiba 2 set tipe sc5200 dan sa1943

Sebagai contoh aplikatif dari penggunaan paralel transistor final Toshiba 2 set, langkah awalnya adalah mengelompokkan transistor dengan seri yang sama. Setelah itu, ikuti langkah-langkah paralel 2 set transistor final Toshiba sebagaimana ditunjukkan dalam gambar.

Pada gambar contoh yang digunakan, saya memanfaatkan kit SOCL 504 yang sering digunakan oleh para perakit pemula. Proses penghubungan transistor melibatkan kaki tengah transistor atau kaki kolektor yang dapat disesuaikan dengan PCB. Kaki emitor atau kaki yang terhubung dengan resistor harus terkoneksi ke jalur output speaker. Sedangkan kaki basis akan mengikuti jalur dari PCB sesuai dengan polaritasnya atau dapat disesuaikan dengan lubang PCB seperti yang ditunjukkan dalam gambar.

Dengan langkah-langkah yang tepat dan pengaturan yang cermat, paralel transistor final Toshiba 2 set dapat memberikan keseimbangan yang diperlukan dalam beban daya, memastikan kinerja optimal tanpa risiko overheating yang berlebihan.